Mensos Risma Cerita Sulitnya Salurkan Bantuan ke Korban Bencana di NTT

Rabu, 7 April 2021 19:46 Reporter : Merdeka
Mensos Risma Cerita Sulitnya Salurkan Bantuan ke Korban Bencana di NTT Mensos Risma kunjungi korban banjir di Adonara dan Lembata NTT. ©2021 Merdeka.com/ananias petrus

Merdeka.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma mengakui keterlambatan menyalurkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (6/4). Menurutnya hal itu disebabkan beberapa faktor, termasuk juga karena cuaca.

"Saya tuh terhambat karena cuaca, jadi kemarinkan kita bawa barang turunnya di Maumere. Di sana jalan darat ke Larantuka kemudian nyeberang ke Adonara. Nah ini sempat kita enggak bisa nyeberang karena memang cuaca enggak bagus," ujar Risma dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (7/4).

Namun saat itu, Risma mengatakan, bagaimanapun caranya supaya bisa menyeberang agar bantuan segera tersalurkan. Di samping itu, transportasi angkutan barang juga sulit ditemui di sana.

"Kalau penyediaan barang itu sangat mudah sekali sebetulnya, cuma tadi karena transport-nya sulit, kita juga kesulitan membawa barang ke sana," ujar dia.

Risma mencontohkan di Adonara. Di sana tak ada landasan yang bisa dipakai untuk bongkar bantuan di pesawat. Untuk itu pihaknya terpaksa mengangkut barang dengan jalur darat.

"Saya jelaskan (ke pengungsi) kami bukan tidak mau, tapi gak bisa kami ke sini. Sebetulnya saya dari Bima langsung ke Adonara tapi gak boleh terbang karena cuacanya memang tidak bagus," jelas dia.

Risma secara perlahan menjelaskan ke warga soal kondisi itu. Sampai akhirnya mereka memahami situasinya.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber: Liputan6.com [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini