Mensos Risma: Banyak Keluarga Tak Mau Penyandang Ditangani di Balai Sosial

Rabu, 29 September 2021 11:29 Reporter : Merdeka
Mensos Risma: Banyak Keluarga Tak Mau Penyandang Ditangani di Balai Sosial Mensos Tri Rismaharini. ©ANTARA/HO-Humas Ditjen Linjamsos

Merdeka.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma mengatakan, tengah menyiapkan skema bantuan sosial khusus bagi penyandang disabilitas berat. Penyandang disabilitas berat dimaksud adalah mereka yang tak bisa melakukan kegiatan kesehariannya secara mandiri sehingga butuh untuk dibantu orang lain.

Pasalnya selama ini banyak pihak yang meminta bantuan untuk para penyandang disabilitas berat. Risma mencontohkan permintaan akan diapers lantaran penyandang disabilitas berat kesulitan untuk buang air kecil maupun besar secara mandiri banyak dilayangkan oleh pihak keluarga penyandang disabilitas ke Kemensos.

"Demikian pula misalkan diampers banyak yang minta ke kita keluarga-keluarga tadi. Tapi ke depan harus ada policy di kita, nanti kita akan siapkan untuk kita bersama-sama membuat aturan untuk memperhatikan disabilitas berat. Untuk kita bersama sama membuat aturan untuk memperhatikan yang disabilitas berat, jadi kita harus bisa memperhatikan itu," ujar Risma di Jakarta, Rabu (29/9).

Risma mengungkapkan banyak keluarga penyandang disabilitas berat memilih untuk mengasuh sendiri di rumah anggota keluarganya yang mengalami penyandang disabilitas berat. Kemensos, kata Risma, sebetulnya bisa saja membawa mereka ke balai sosial asalkan atas kehendak keluarga.

"Permasalahannya memang tidak semua keluarga mereka mau ditangani di balai. (Padahal) mereka butuh biaya besar bukan hanya untuk hidupnya kadang ada yang tidak bisa makan makanan keras sehingga mereka harus minum susu yang tentunya biayanya lebih mahal dibandingkan kalau kehidupan kita yang normal," kata Risma.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber: Liputan6.com [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini