Mensesneg sebut Istana belum terima surat Wanjakti soal Wakapolri

Rabu, 22 April 2015 13:11 Reporter : Putri Artika R
Mensesneg sebut Istana belum terima surat Wanjakti soal Wakapolri Pratikno. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo tidak mengetahui rencana pelantikan Komjen Polisi Budi Gunawan siang ini. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan hingga saat ini surat usulan dari Wanjakti soal calon wakapolri belum diterima pihaknya.

"Saya sudah cek, setneg belum menerima surat dari Kapolri," ujarnya dalam pesan singkat kepada wartawan, Kamis (22/4).

Pratikno pun kemudian mengecek langsung ke Kapolri dan mendapat penjelasan jika Badrodin sudah berkonsultasi ke Presiden.

"Setelah saya cek ke Kapolri, penjelasan beliau (Badrodin), seusai dilantik sebagai Kapolri, Pak BH melakukan konsultasi ke Presiden tentang bagaimana pengisian jabatan Wakapolri," ujarnya.

Pratikno mengatakan Badrodin mengira konsultasi itu tanda bahwa Presiden setuju dan menyerahkan sepenuhnya pencalonan wakapolri kepada Badrodin serta Wanjakti. Padahal, mekanisme seharusnya tetap ada surat hasil usulan dari Wanjakti melalui Presiden baru dilantik.

"Menurut Pak Badrodin, Presiden mengatakan bahwa dalam pengisian Wakapolri, Presiden memberikan kepercayaan kepada Wanjakti dan Kapolri untuk menentukan siapa yang menduduki jabatan Wakapolri, dan kemudian Kapolri akan melaporkannya kepada Presiden," bebernya. [tyo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini