Mensesneg Pratikno Menyerahkan Surpres Calon Kapolri ke DPR

Rabu, 13 Januari 2021 11:32 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Mensesneg Pratikno Menyerahkan Surpres Calon Kapolri ke DPR Gedung DPR. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno menyerahkan langsung surat presiden terkait calon Kapolri pukul 10.40 WIB. Surpres tersebut diterima oleh Ketua DPR Puan Maharani dan pimpinan DPR lain.

"Benar sekali. Diterima Ketua dan Pimpinan DPR," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni kepada merdeka.com, Rabu (13/1).

Sahroni mengatakan setelah surpres diterima akan dilanjutkan dengan rapat badan musyawarah dan pimpinan DPR. Kemudian, surat tersebut akan dibawa ke rapat paripurna untuk dibacakan dan dimintain persetujuan sebelum fit and proper test calon kapolri.

"Bila disetujui lanjut ke pembacaan di paripurna untuk meminta persetujuan dan lanjut ke Komisi III untuk fit and proper test," ujar dia.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery menyatakan, pihaknya akan segera menggelar fit dan proper test calon Kapolri setelah Surat Presiden (Surpres) Joko Widodo diterima DPR. Rencananya fit dan proper test akan digelar pekan depan.

“Senin atau Selasa sudah fit and proper test,” jelas dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah memilih satu nama untuk menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang masuk masa pensiun. Dia adalah Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Kompolnas telah mengirimkan lima nama jenderal bintang tiga untuk dipilih Jokowi menjadi calon Kapolri. Lima nama tersebut yakni, Komjen Pol Gatot Eddy Purnomo, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Komjen Pol Boy Rafli Amar, Komjen Pol Arief Sulistyanto, Komjen Pol Agus Andrianto. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini