Menristek bakal buat road map pengembangan teknologi hingga 2025

Minggu, 1 September 2013 08:14 Reporter : Mohamad Taufik
Menristek bakal buat road map pengembangan teknologi hingga 2025 Ikustrasi teknologi

Merdeka.com - Staf Khusus Menristek bidang Hubungan Antar Lembaga dan Media, Gusti Nurpansyah mengatakan saat ini Kemenristek telah membuat suatu dokumen penting berupa road map pengembangan IPTEK sampai tahun 2025. Dimana road map tersebut, akan memetakan kebutuhan IPTEK di tiap koridor termasuk dari sisi pengembangan SDM.

"Dokumen ini penting karena merupakan amanah bagi Kemenristek bersama Kemendikbud dalam rangka menyupport MP3EI (Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) khususnya pilar ke 3, yaitu Pembangunan SDM dan IPTEK," kata Gusti Nurpansyah dalam siaran persnya, Minggu (1/9).

Selain mensupport MP3EI, road map yang di buat oleh Kemenristek dan Kemendikbud juga akan menjadi salah satu referensi untuk pengembangan center of excellence (pusat unggulan) di Indonesia.

Seperti diketahui pada tahun 2012 Kemenristek telah mengembangkan sebanyak 12 center of excellence, dan saat ini ada 11 nominasi center of excellence yang akan dikembangkan Kemenristek untuk tahun mendatang.

Kemudian, Gusti Nurpansyah menambahkan bahwa dari road map tersebut akan terlihat secara jelas peran teknologi ke depan dapat memberikan kontribusi dalam 22 kegiatan ekonomi yang tersebar di 6 koridor di nusantara.

"Sehingga dari peran teknologi itu dapat menciptakan nilai tambah yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di negara kita," tambah Gusti yang juga anggota Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) itu. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. Teknologi
  2. Menristek
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini