Menpora izin Jokowi kumpulkan semua pihak bahas kericuhan PON

Kamis, 22 September 2016 11:55 Reporter : Supriatin
Menpora izin Jokowi kumpulkan semua pihak bahas kericuhan PON Menpora Imam Nahrawi. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi telah mendapat restu Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi pelaksanaan PON ke XIX yang berlangsung ricuh di Jawa Barat (Jabar). Karena itu, dia akan mengumpulkan para Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON), pengurus KONI Pusat hingga Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher).

"Saya sudah izin ke beliau (Jokowi). Beliau menyampaikan, silakan besok dievaluasi di Bandung," ungkap Imam usai mendampingi Presiden Jokowi menerima para atlet paralimpiade Indonesia yang berlaga pada Olimpiade Rio De Jainero, Brasil tahun 2016 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (22/9).

Menurut Imam, di sela-sela pertemuan yang diagendakan besok, Jumat (23/9), dirinya akan menelusuri akar masalah yang mengakibatkan kerusuhan. Setelah mengetahui akar masalah, Kemenpora akan membuat regulasi yang ketat untuk pelaksanaan PON berikutnya.

"Kami akan buat regulasi yang ketat seketat mungkin agar PON ini tidak jadi ajang yang semata-mata untuk mencari bonus atau gengsi daerah ataupun ajang reuni saja," jelas Imam.

Imam menyampaikan, adapun salah satu poin regulasi yang akan dibuat seputar syarat menjadi peserta PON. Misalnya, batas maksimal usia peserta PON adalah 23 tahun. Selain itu transfer atlet antardaerah akan dibatasi.

"Berikutnya bonus antardaerah harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, jangan sampai karena ada gengsi daerah bonusnya dilebihin dari (daerah) yang lain," tutur dia. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini