Menpora Ingin Tari Seka Hadir di Pembukaan PON 2020

Rabu, 24 Juli 2019 12:04 Reporter : Bagus Suryadinata
Menpora Ingin Tari Seka Hadir di Pembukaan PON 2020 Menpora Ingin Tari Seka Hadir di Pembukaan PON 2020. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi bersama istri dan sejumlah Deputi dari Kemenpora mengikuti Festival Tarian Seka yang dilaksanakan secara massal di Lapangan Eks Pasar Swadaya, Jalan Yos Sudarso Timika, Selasa (23/7).

Dengan menggunakan sandal jepit dan kondisi lapangan becek dan berlumpur, Menpora menari dengan antusias bersama lebih dari 1.000 pelajar SMP se-Kota Timika. Dirinya pun berharap tarian 'seka' selaku tari pergaulan masyarakat Mimika bisa ditampilkan saat acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Provinsi Papua.

"Saya minta tarian seka bisa ditampilkan di pembukaan PON 2020 sehingga semua peserta nanti bisa ikut tarian seka massal dan tarian seka bisa dikenal luas di seluruh Indonesia," kata Imam.

Ketika menari, Menpora didampingi Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang. Keduanya menari diiringi irama musik tifa Kamoro menggoyangkan kaki, pinggul dan tangan membuat para pelajar Timika semakin bersemangat.

"Pak Wakil Bupati, tolong jadikan tempat ini sebagai taman yang bagus karena tempatnya keren banget. Kalau tidak keren, saya tidak mungkin lepas sepatu tadi. Saya sengaja lepas sepatu dan memakai sandal untuk memastikan lumpur itu bagus, termasuk celana saya tidak akan dicuci sebagai kenang-kenangan lumpur Mimika," jelasnya.

"Saya ingin berbaur dengan anak-anaku sekalian, para penari seka yang luar biasa," tuturnya.

Sementara itu, bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional, Menpora meminta supaya seluruh pihak memotivasi anak muda untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya.

"Terima kasih kepada para guru dan orang tua yang terus mendorong anak-anak untuk belajar dan bersekolah agar mereka kelak menjadi pemimpin-pemimpin yang hebat," ujar Menpora.

Ditambahkan, Asisten Deputi Bidang Kepemudaan Kemenpora RI Djunaidi, kegiatan Festival Tari Seka massal digelardalam rangka menyongsong PON XX tahun 2020 di Papua.

Dengan tarian ini, dirinya juga berharap pemuda Mimika bisa menjadi atlet berprestasi sekaligus menjaga dan melestarikan kearifan lokal. [paw]

Topik berita Terkait:
  1. Berita Kemenpora
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini