Menpora Buka Sekolah Khusus Olahraga Bagi Penyandang Disabilitas

Kamis, 20 Desember 2018 12:19 Reporter : Arie Sunaryo
Menpora Buka Sekolah Khusus Olahraga Bagi Penyandang Disabilitas Menpora Buka Sekolah Khusus Olahraga Bagi Penyandang Disabilitas. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi, membuka Sekolah Khusus Olahraga (SKO) bagi penyandang disabilitas, di Solo, Kamis (20/12). Dalam kesempatan tersebut Menpora juga menyerahkan penghargaan dan bonus uang tabungan kepada para pelatih Asian Para Games 2018.

"SKO ini pertama kali di Indonesia. Ini bukti bahwa dalam pemerintahan Presiden Jokowi tidak ada diakriminatif bagi siapapun, semuanya kita perlakukan sama. Apalagi rekan-rekan disabilitas ini, sudah membuktikan berprestasi luar biasa di Asian Para Games," ujar Menpora saat memberikan sambutan.

Dengan perhatian lebih tersebut, lanjut Menpora, ia berharap Indonesia akan berprestasi lebih. Menurut dia, launching ini juga menjadi momentum bagi orangtua, khususnya yang mempunyai anak disabilitas. Perlu adanya dorongan agar orangtua bisa membimbing anaknya yang berkebutuhan khusus agar berprestasi.

"Harapkan kita SKO ini akan menjadi kawah candradimuka atlet-atlet disabilitas Indonesia. Para atlet jangan khawatir, karena akan dibimbing oleh pelatih yang baik. Dan tentu didukung dengan kemajuan teknologi yang sedang berkembang," katanya.

Lebih lanjut Menpora menyampaikan, pada Januari nanti mantan atlet disabilitas yang saat ini menjadi PNS akan ikut membantu melatih.

"SKO ini rintisan, dan menempati yayasan, kita semua harus bersabar. Rasa kemanusiaan, solidaritas harus kita junjung," katanya lagi.

SKO Solo untuk Sementara hanya mengakomodir empat cabang olahraga (cabor), yaitu tenis meja, renang, atletik dan bulutangkis. SKO ini diperuntukkan bagi regenerasi atlet-atlet disabilitas. Sekolah yang dibuka hanya untuk tingkat SMP dan SMA dari berbagai daerah di Indonesia. Sedangkan siswa yang bisa masuk ke SKO harus mempunyai prestasi minimal di Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas). [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini