MenpanRB Ungkap Skenario Pemindahan Bertahap ASN ke IKN Nusantara

Jumat, 7 Oktober 2022 06:17 Reporter : Purnomo Edi
MenpanRB Ungkap Skenario Pemindahan Bertahap ASN ke IKN Nusantara MenPAN RB Abdullah Azwar Anas. ©2022 Merdeka.com/Dok. Sekretariat Kabinet

Merdeka.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) sedang memersiapkan beberapa skenario untuk memindahkan ASN ke ibu kota negara (IKN) Nusantara. MenpanRB Abdullah Azwar Anas menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan untuk mempersiapkan proses pemindahan ASN ke IKN Nusantara.

"Bertahap (pemindahan ASN). Ini ada beberapa skenario, 20 ribu, 60 ribu dan 100 ribu," kata Azwar Anas di Yogyakarta, Kamis (6/10).

Mantan Bupati Banyuwangi ini mengungkapkan saat ini pihaknya sedang mengkampanyekan keunggulan IKN Nusantara agar ASN bersedia pindah tanpa paksaan.

Azwar Anas menjabarkan dengan pembangunan-pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara nantinya akan membuat para ASN tertarik pindah. Pembangunan ini tentunya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat di IKN.

"Di sana ada rumah sakit paling hebat di Indonesia dan dunia, misalnya. Ada sekolah-sekolah unggulan mulai dari TK sampai perguruan tinggi yang hebat ada di sana semua. Ekosistemnya nyaman dan tidak polutif," ungkap Azwar Anas.

"Berangkat ke kantor tidak perlu macet. Semua dari listrik. Tentu ini akan jadi impian semua orang," imbuh Azwar Anas.

Dengan keunggulan-keunggulan infrastruktur di IKN Nusantara itu, sambung Azwar Anas, orang tidak perlu dipaksa untuk pindah dan bermukim di sana.

"Bayangkan kalau ekosistemnya sudah tumbuh. Ada playground untuk anak-anak di tengah hutan. Oksigen cukup sehingga enggak usah orang dipaksa mereka ingin pindah sendiri ke ibu kota (nusantara)," tutup Azwar Anas.

Baca juga:
Skenario Terbaru Pemindahan PNS ke Ibu Kota Baru, Termasuk Siapkan Fasilitas Menarik
Bertemu Parlemen Rusia, Puan Tagih Janji Putin Bangun Kereta di Ibu Kota Baru
Kisah Kedekatan Indonesia-Rusia, Soekarno Sering Dikirimi Selai & Puding Terbaik
Ibu Kota Baru Punya Tol Bawah Laut Terdalam di Dunia, Tender Mulai 2023
Jokowi Siapkan Insentif untuk Investor Bangun Ibu Kota Baru, Seperti Apa?
Ini Strategi Pemerintah Jadikan IKN Kota Layak Huni

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini