Menlu: Vaksin Covid-19 akan Jadi 'Game Changer'

Jumat, 12 Juni 2020 12:39 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Menlu: Vaksin Covid-19 akan Jadi 'Game Changer' Pertemuan 4 Menteri Bersama Pimpinan Media Bahas Virus Corona. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut, Indonesia terus menyuarakan vaksin Covid-19. Retno mengatakan, Indonesia ingin adanya akses yang mudah dan terjangkaunya harga vaksin untuk negara berkembang maupun terbelakang.

"Di semua pertemuan virtual internasional Indonesia terus menyuarakan pentingnya aksesbilitas vaksin dengan harga yang terjangkau bagi semua negara, termasuk negara berkembang dan least develop country,: kata Retno dalam diskusi virtual, Jumat (12/6).

Retno menyebut, prinsip-prinsip soal akses dan terjangkaunya harga vaksin tersebut harus terus didengungkan dan perlu dukungan yang luas.

Indonesia, kata dia, juga menjadi salah satu co-sponsored dalam resolusi world health assembly 73. Dimana menekankan mengenai prinsip accessibility and affordability of vaccine.

"Vaksin akan menjadi game changer oleh karena itu prinsip-prinsip yang saya sampaikan accessibility, affordability ada menjadi penting sekali untuk terus dikedepankan dan kita akan terus melakukan itu," tuturnya.

1 dari 1 halaman

Retno menambahkan, Indonesia juga mengambil dua strategi untuk pengembangan vaksin. Pertama membangun resiliensi dengan cara pengembangan vaksin secara mandiri.

"Ini sekarang kita sudah mulai rintis dan ke depannya tidak hanya dapat memproduksi vaksin secara tapi kita perlu juga berjuang juga untuk kemandirian industri obat obatan dan ini memerlukan komitmen politik yang sangat tinggi," ucapnya.

Yang kedua adalah kerja sama dengan pihak lain dengan negara lain untuk pengembangan vaksin.

"Jadi dua strategi ini kita jalankan secara bersamaan tapi arahnya adalah ke arah yang kemandirian," pungkas Retno. [rnd]

Baca juga:
Perusahaan Farmasi Moderna Segera Mulai Uji Klinis Tahap Akhir Vaksin Covid-19
China Tawarkan Uji Coba Suntik Vaksin Virus Corona Pada Pegawai BUMN
Kembangkan Vaksin Covid-19, Pemerintah Minta Bantuan China
Indonesia Gandeng China Temukan Vaksin Virus Corona
Bill Gates Jawab Teori Konspirasi Mikrocip di Vaksin Corona: Bodoh dan Aneh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini