Menlu: Asia Tenggara Alami Kenaikan Kasus Covid-19 19%, Tertinggi di India

Sabtu, 8 Mei 2021 10:33 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Menlu: Asia Tenggara Alami Kenaikan Kasus Covid-19 19%, Tertinggi di India Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kawasan Asia Tenggara alami kenaikan kasus tertinggi selama kurun waktu 26 April 2021 - 2 Mei 2021. Angka kenaikannya cukup tinggi yaitu 19 persen.

"Kawasan Asia Tenggara yang dalam terminologi WHO terdiri dari negara India, Indonesia, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, Thailand, Maldive, Timor Leste, Myanmar, dan Bhutan mengalami kenaikan kasus tertinggi yaitu 19 persen dilihat dari kurun waktu seminggu sampai 2 mei 2021," kata Retno dalam akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (8/5).

Dengan kenaikan tersebut, maka angka kasus di Asia Tenggara mencapai 47 persen dari kasus baru dunia. Retno menjelaskan kenaikan cukup banyak terjadi di India.

"Kasus Asia Tenggara merupakan 47% dari kasus baru dunia selama kurun waktu tersebut, kenaikan cukup ini terutama terjadi di India," ungkapnya.

Retno menegaskan kejadian tersebut harus menjadi pengingat semua pihak agar tetap waspada. Sekaligus penanda bahwa pandemi Covid-19 masih menyerang.

"Setiap dari kita dapat menjadi bagian ikhtiar mencegah penyebaran covid-19, caranya dengan kita sukseskan ikhtiar vaksinasi yang sedang dilakukan pemerintah dan tidak kalah pentingnya terus patuhi prokes jangan pernah kendor, mematuhi protokol kesehatan dan untuk melindungi orang-orang sekitar kita yang dicintai," ungkap Retno. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini