Menkum HAM tegaskan tenaga kerja asing takkan ambil jatah pekerja lokal

Kamis, 26 April 2018 13:50 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Menkum HAM tegaskan tenaga kerja asing takkan ambil jatah pekerja lokal Yasonna Hamonangan Laoly. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly meminta masyarakat tak perlu khawatir dengan munculnya tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia. Menurut dia, TKA tidak akan mengambil lapangan kerja para pekerja lokal.

"Ada orang yang mengatakan seolah-olah mereka mengambil tenaga kerja kita atau slot WN kita, tidak," kata Yasonna di Istana Wakil Presiden, Kamis (26/4).

Dia mengatakan, pemerintah tidak sembarangan untuk memproses para TKA. Perlu ada beberapa tahapan untuk para TKA bisa masuk ke Indonesia.

"Dia meminta ada tenaga kerja yang tentu harus dengan izin, meminta rekomendasi dari Kemenaker tentang daftar siapa aja yang masuk, berapa saja yang masuk. Nanti baru kita terbitkan visanya," ujar Yasonna.

Dia menjelaskan adanya TKA akan membuat bertambahnya modal asing ke Indonesia. "Kalau dia tidak mau invest ya kan masuk juga investasi di sini. Kan dia bawa persyaratan, saya invest deh sekian, tapi saya masukkan tenaga kerja saya biar cepat karena saya menguasai, sudah trained (terlatih) untuk melakukan itu," tandasnya. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini