Menkum HAM: Jangan Sampai Pilihan Politik Buat Indonesia Tercabik-Cabik

Kamis, 27 Desember 2018 13:33 Reporter : Merdeka
Menkum HAM: Jangan Sampai Pilihan Politik Buat Indonesia Tercabik-Cabik Menkumham Yasonna H Laoly. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Hamonangan Laoly mengingatkan bangsa Indonesia jangan sampai tercabik-cabik karena pilihan politik yang berbeda. Hal ini dikatakannya dalam rangka menyambut Pilkada dan Pilpres yang akan digelar pada April 2019.

"Pada pemilihan umum legislatif dan Pemilihan Presiden yang akan datang, kedewasaan ini sangat kita harapkan dari seluruh jajaran masyarakat. Janganlah pilihan politik menjadi bangsa ini tercabik-cabik, terkoyak-koyak dan meninggalkan luka yang dalam," ujar Yasonna di kantor Kemenkum HAM, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (27/12).

Yasonna ingin penyelenggaraan Pileg dan Pilpres nanti berlangsung seperti Pilkada Serentak beberapa waktu lalu. Sebab, menurut dia, bangsa Indonesia telah menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi pada Pilkada Serentak lalu.

"Kita juga sudah melaksanakan pemilihan kepala daerah secara serentak dalam tiga gelombang dan kedewasaan kita dalam berdemokrasi semakin matang. Dalam pemilihan kepala daerah serentrak kendati ada persoalan-persoalan, gejolak-gejolak tetapi kita dapat melampuinya dengan baik," ucap dia.

Dia berharap siapapun Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih nanti, bangsa Indonesia tetap bersatu dan tak terpecah belah. Yasonna tak ingin akhir Pilpres seperti Pilpres Amerika Serikat 2016 yang hingga kini masih menimbulkan luka yang dalam bagi pendukung Hillary Clinton.

"Antara pendukung Trump dan yang tidak mendukung Trump sampai sekarang menimbulkan soal-soal yang terasa di masyarakat," kata dia.

Yasonna menuturkan bahwa Indonesia sebagai sebagai bangsa yang besar tidak terkoyak-koyak karena pilihan politik. Dia mengimbau agar masyarakat tetap tenang melaksanakan Pemilu 2019.

"Mari kita laksanakan pemilihan umum denga suka cita dengan kegembiraan melihat dengan jelas bahwa bangsa ini adalah bangsa yang sangat besar," pungkas dia.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com [gil]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini