Menkopolhukam Rapat dengan Pimpinan MPR, Bahas Keamanan Papua Jelang PON

Senin, 24 Februari 2020 16:00 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Menkopolhukam Rapat dengan Pimpinan MPR, Bahas Keamanan Papua Jelang PON Mahfud MD. ©2019 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Menteri Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD rapat bersama Pimpinan MPR RI untuk membahas persiapan Papua menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Dia memastikan situasi di Papua kondusif.

"Ini bukan soal pengungsi. Ini ketua DPR, ketua DPD, ketua MPR mau kunker ke Papua. Ya sudah kondusif. Tadi laporan kesiapan dari daerah, dari semua birokrasi, kondusif, bagus," kata Mahfud usai rapat di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/2).

Mahfud enggan mengungkapkan hal-hal apa saja selain soal PON yang dibahas dalam rapat. Dia hanya bilang, rapat hanya koordinasi.

"Ya, soal persiapan PON dan lain-lain. Jadi kita koordinasi, saling memberi tukar informasi, dan memberi bekal," ucap Mahfud.

Senada dengan Mahfud, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut salah satu isu yang dibahas mengenai persiapan PON di Papua. Pimpinan MPR DPR juga akan berkunjung ke bumi Cendrawasih pada bulan Maret mendatang.

"Pertama kami ingin mendapat laporan terkait keamanan politik dan sosial. Yang kedua kami pimpinan MPR, DPR, dan DPD akan berkunjung ke Papua tanggal 2 Maret sampai tanggal 5 untuk memastikan masalah keamanan, karena kami mendengar laporan tentang keamanan," kata Bamsoet.

Politikus Golkar itu menambahkan, banyak masalah yang timbul di Papua beberapa waktu belakangan. Dia bilang, pihaknya juga mencari solusi untuk menyelesaikan masalah Papua.

"Ya masalah ini kan jadi sudah sejak 50 tahun lalu, sejak Papua berintegrasi dengan Indonesia. Nah ini, hari ini mulai periode kepemimpinan presiden ada terus masalah yang timbul di Papua. Kami ingin ada jalan keluar secara permanen untuk papua yang berkeadilan," tandasnya. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini