Menkominfo Sebut Presidensi G20 Indonesia Harapan Negara Berkembang

Rabu, 24 November 2021 09:02 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Menkominfo Sebut Presidensi G20 Indonesia Harapan Negara Berkembang Menkominfo Johnny G Plate. ©2021 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Indonesia akan memegang Presidensi G20 Summit di tahun 2022. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, dunia internasional berharap banyak pada leadership Presidensi G20 Indonesia untuk mendorong pemulihan global.

Diketahui, G20 beranggotakan negara-negara yang menguasai 85 persen ekonomi dunia, 80 persen investasi global, 75 persen perdagangan internasional dan 66 persen populasi dunia.

"Kita negara berkembang pertama sebagai tuan rumah (G20). Keketuaan (presidensi) kita (pada G20) jadi jembatan harapan bagi negara-negara berkembang di dunia. Selain sukses substansi, kita juga harus sukses sebagai penyelenggara," kata Johnny di Jakarta, Rabu (23/11).

Johnny melanjutkan, sebagai penyelenggara G20, Indonesia harus mengedepankan prinsip inklusivitas dan kolaborasi, khususnya dalam menyampaikan pesan komunikasi publik untuk mendukung kelancaran pelaksanaan G20.

Baginya, sukses komunikasi dapat memberikan kesan yang baik bagi peserta G20 dan masyarakat luas. Dia mengatakan, Indonesia harus memberikan kesan yang indah dan optimisme bagi masyarakat dunia.

"Kita butuh memberikan kenyamanan bagi para pemimpin-pemimpin dunia, untuk membawa memori indah dari Indonesia," ujarnya.

Sekjen NasDem ini mengingatkan bahwa presidensi G20 merupakan forum yang besar dan amanat bangsa. Sekaligus kepercayaan dunia internasional yang harus dijalankan bersama.

"Pikiran-pikiran besar para pemimpin G20 harus mampu ditransmisikan dengan baik pada masyarakat. Pemilihan-pemilihan isu, diksi-diksi yang digunakan, harus memberikan gambaran yang bermuara pada kesuksesan Indonesia di G20," ucapnya.

"Pesaing utama komunikasi G20 adalah isu-isu politik. Di sinilah kejelian kanal dan pesan komunikasi pemerintah untuk mengimbangi isu-isu publik. Ini tantangan kita," pungkas Johnny. [yan]

Baca juga:
Moeldoko: Kita akan Hadapi 2024, Jangan Terlalu Sibuk Bicara Politik
Kominfo Sebut Presidensi G20 Bisa Dorong Transformasi Digital
Indonesia Bawa Isu Kemudahan Akses Vaksin Covid-19 di Presidensi G20
Manfaat Ekonomi Presidensi G20 Dua Kali Lebih Besar dari Pertemuan Tahunan IMF-WBG
Sri Mulyani Sebut Negara G20 Sepakati Sistem Perpajakan Internasional
Lewat Presidensi G20, Jokowi Optimis RI Bisa Berkontribusi untuk Kemakmuran Dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini