Menkominfo Catat Ada 177 Hoaks soal Vaksin Covid-19

Jumat, 30 April 2021 16:15 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Menkominfo Catat Ada 177 Hoaks soal Vaksin Covid-19 Politisi Calon Menteri Presiden Jokowi. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan pihaknya hingga saat ini sudah menemukan 1.556 hoaks terkait Covid-19 dan 177 hoaks soal vaksin Covid-19. Hal tersebut disampaikan Plate saat mengawal kedatangan vaksin di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (30/4).

"Sepanjang hari ini secara spesifik Kominfo telah mencatat dan melabeli 1.556 hoaks terkait Covid-19 serta 177 hoaks terkait vaksin Covid-19," katanya, Jumat (30/4).

Sebab itu, Plate mengimbau kepada masyarakat agar selalu merujuk pada sumber-sumber informasi yang terpercaya. Mulai dari badan dunia, WHO pemerintah Indonesia, KPCPEN, Kemenkes dan Kementerian/lembaga terkait atau para ahli di bidangnya.

Dia pun meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap infodemi mengenai pandemi Covid-19. Penggunaan media digital secara bijak diperlukan sebagai benteng dalam menerima informasi pandemi yang beragam di tengah ruang informasi publik.

"Saat ini dunia tidak hanya berupaya keras menangani pandemi Covid-19, namun kita juga sedang menghadapi infodemi. Infodemi semakin marak di tengah ruang informasi publik dan menyebar dengan sangat mudah dan cepat di media sosial maupun media digital," bebernya.

Infodemi merupakan informasi berlebihan mengenai Covid-19 baik secara daring maupun luring yang dampaknya justru memperburuk kondisi pandemi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut infodemi ini mencakup upaya menyebarkan informasi yang kurang tepat dan dapat memengaruhi kesehatan masyarakat secara fisik ataupun mental hingga meningkatkan stigma terhadap Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut dia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna melindungi diri dan keluarga serta mengakhiri pandemi Covid-19.

"Sekali lagi saya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga kedisiplinan dalam menjaga protokol kesehatan dengan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan _hand sanitizer_ demi melindungi diri, keluarga, dan mengakhiri pandemi Covid-19," imbuhnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini