Menko Puan Maharani akan hadiri kirab obor di Mrapen Grobogan

Rabu, 18 Juli 2018 10:00 Reporter : Supriatin
Menko Puan Maharani akan hadiri kirab obor di Mrapen Grobogan Rapat persiapan Asian Games 2018. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani akan menghadiri rangkaian torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (18/7). Puan mengatakan, kibar obor ini menjadi simbol pertemanan dan semangat Asian Games di seluruh dunia.

"Manfaatkan event torch relay ini juga untuk promosikan destinasi wisata, seni budaya, dan potensi daerah tidak hanya pada masyarakat Indonesia tetapi juga masyarakat dunia," ujar Puan dalam keterangan persnya.

Kirab obor akan melewati 18 provinsi, 50 kota serta kawasan wisata unggulan di Tanah Air. Di antaranya Raja Ampat, Kawah Ijen, Danau Toba dan Kepulauan Seribu.

Kirab obor pertama dilakukan di Mrapen hari ini dan dilanjutkan ke Prambanan. Api kemudian diserahkan kepada torch ambassador untuk diarak ke sejumlah wilayah di Indonesia, yakni Bali, NTB, Papua, Kalimantan, Sulawesi dan sebagainya.

Arak-arakan obor akan berakhir pada 18 Agustus saat api dibawa masuk ke Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta sebagai tanda dimulainya event Asian Games 2018. Api obor ini berasal dari Stadium The Major Dhyan Chand National, India, negara penyelenggara Asian Games pertama tahun 1951.

Dalam acara ini, Ketua Panitia Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dan Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto akan hadir.

Asian Games 2018 akan digelar di dua kota, yakni Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus sampai 2 September 2018. Perhelatan olahraga ini bakal diikuti 45 negara dan akan mempertandingkan 37 cabang olahraga.

Puluhan negara yang berlaga di antaranya Afghanistan, Korea, Qatar, Bahrain, Kuwait, Saudi Arabia, Bangladesh, Kyrgyzstan, Singapore, Bhutan, Laos, Sri Lanka, Brunei Darussalam, Lebanon, dan Syria. Ada juga Cambodia, Macau, Iran, China, Malaysia, Tajikistan, Hong Kong, Mongolia, Thailand, India, Myanmar, Timor-Leste, Nepal dan Irak. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini