Menko Polhukam: Masalah kebakaran sudah sampai tingkat kritis

Selasa, 15 September 2015 15:59 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Menko Polhukam: Masalah kebakaran sudah sampai tingkat kritis Menkopolhukam rakor kebakaran hutan dan lahan. ©2015 Merdeka.com/renaldghiffari

Merdeka.com - Sudah lebih dari sepekan, bencana kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau dan beberapa provinsi lain di Indonesia terjadi. Hingga kini, pemerintah masih berupaya mencari solusi terkait bencana kabut asap tersebut.

Untuk mencari solusi, pemerintah baru menggelar Rapat Koordinasi untuk membahas mengenai bencana kabut asap. Rakor ini dipimpin Langsung oleh Menko Polhukam Luhut Panjaitan.

Dalam rakor tersebut, Luhut menyampaikan saat ini bencana kabut asap telah memasuki tahap kritis. Oleh karena itu, dia meminta kepada semua pihak terkait untuk serius dalam mencari penanganan bencana tersebut.

"Masalah kebakaran ini menurut saya sudah sampai ke tingkat kritis. Walaupun Sumatera, di Pekanbaru hujan agak lebat, tapi tingkat kabut masih sangat tinggi," kata Luhut di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, gedung Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta, Selasa (15/9).

Luhut juga meminta kepada pihak terkait untuk kompak dan solid, serta berperan aktif untuk menyelesaikan permasalahan ini.

"Keadaan tanggap darurat ini sangat serius, sebagai negara berdaulat kita harus bisa tangani masalah kita sendiri," tandasnya.

Selain Menko Polhukam, Luhut Pandjaitan dalam rapat koordinasi ini dihadiri juga Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Kepala BNPB, Willem Rampangilei, serta perwakilan dari BMKG.

Perwakilan daerah yang terkena dampak bencana kabut asap juga menghadiri rakor ini, di antaranya Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Riau, Gubernur Jambi, Gubernur Kalimantan Tengah, Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Kalimantan selatan. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini