Menko Polhukam Mahfud MD ke Pemudik: Jangan Terburu-buru, Kalau Lelah Istirahat

Minggu, 1 Mei 2022 00:01 Reporter : Dedi Rahmadi
Menko Polhukam Mahfud MD ke Pemudik: Jangan Terburu-buru, Kalau Lelah Istirahat Menkopolhukam Mahfud MD. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengingatkan para pemudik di Lebaran 2022 untuk tidak terburu-buru di perjalanan dan beristirahat apabila merasa lelah.

“Kepada seluruh kaum Muslimin dan warga negara Indonesia yang akan melakukan mudik Lebaran, saya berpesan nikmati keindahan Lebaran ini. Oleh karena itu, hati-hati di jalan. Jangan terburu-buru. Kalau lelah, istirahat,” kata Mahfud dalam video yang diunggah di kanal YouTube Kemenko Polhukam RI, sebagaimana dipantau di Jakarta, Sabtu (30/4).

Di samping itu, dia pun berpesan agar para pemudik melakukan silaturahim dengan baik pada saat lebaran.

“Kemudian, lakukan silaturahim dengan baik. Semoga Anda selamat di dalam perjalanan. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin,” kata Mahfud.

Sebelumnya, Mahfud telah meninjau pelaksanaan dan pengamanan arus mudik di Command Center Patroli Jalan Raya Korlantas Polri di KM 29 Tol Jakarta dan memantau kondisi penanganan keamanan di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat (29/4).

Dalam kunjungan tersebut, Mahfud berpesan mengenai pentingnya menciptakan perasaan saling pengertian dan kerja sama antara aparat yang mengatur di lapangan dan masyarakat yang melakukan perjalan agar mudik menjadi sesuatu yang dapat dinikmati.

Ia mengingatkan aparat agar berkomunikasi secara lebih bersahabat dan bijaksana dengan masyarakat yang memiliki beragam pengalaman, pemahaman, dan tingkat pendidikan.

Sebaliknya, ujar dia menambahkan, masyarakat sebagai pemudik juga perlu memahami bahwa petugas di lapangan bekerja berdasarkan prosedur dan aturan.

“Oleh karena itu, harus kooperatif kalau diatur, misalnya disuruh berhenti dahulu dan diarahkan jalannya,” kata Mahfud.

Pada hari yang sama, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga memantau kesiapan Posko Pengamanan Aparat Gabungan TNI/Polri dan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Mahfud mengapresiasi posko koordinasi gabungan yang senantiasa bekerja untuk keamanan pemudik. [ded]

Baca juga:
Pelabuhan Merak Diberlakukan Sistem Buka Tutup, Ini Penjelasan Petugas
Kapolri Imbau Pemudik Pelabuhan Merak Beli Tiket Online untuk Kurangi Kepadatan
Sejak Sabtu Dini Hari, 214.721 Kendaraan Melintas Jalur Pantura Kabupaten Bekasi
Arus Mudik Lebaran 2022 di Terminal Kampung Rambutan
Pantauan Udara Polri, Volume Kendaraan di Tol Cikampek-Kalikangkung Masih Tinggi
Mengarungi Mudik via Kapal Menuju Bakauheni
Macet Belasan Kilometer di Merak, Kapolri: Ada Peningkatan Kendaraan yang Luar Biasa

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini