Menkes Terawan Percepat Pembayaran Klaim ke RS yang Rawat Pasien Covid-19

Kamis, 1 Oktober 2020 12:41 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Menkes Terawan Percepat Pembayaran Klaim ke RS yang Rawat Pasien Covid-19 Menkes Terawan. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengaku pihaknya sedang melakukan percepatan penyelesaian klaim biaya perawatan pasien Covid-19. Menurutnya, jumlah RS yang telah mengajukan klaim 1.356.

"Kami melakukan percepatan pembayaran klaim kepada rumah sakit yang melayani dan merawat pasien Covid-19, tentunya untuk menjaga cashflow dan mutu layanan rumah sakit" kata Terawan dalam siaran pers, Kamis (1/10).

Ditambahkan Plt Dirjen Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Prof Kadir, prosedur klaim dimulai dari pengajuan oleh rumah sakit. Kemudian diverifikasi oleh BPJS Kesehatan, Kemenkes, dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Selanjutnya dilakukan pembayaran uang muka oleh kemenkes.

"Setelah proses verifikasi selesai dilakukan pelunasan klaim oleh Kemenkes, pembayaran diterima di rumah sakit," ungkap Kadir.

Kemudian, kemenkes melakukan upaya dalam pelaksanaan klaim tersebut. Yaitu menerbitkan Kepmenkes No. HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Selanjutnya Sosialisasi Kepmenkes ini dilakukan secara daring dan serial ke institusi terkait (Dinas Kesehatan Provinsi/Kab/Kota, Rumah Sakit, Organisasi Profesi dan stakeholder lainnya.

"Pembentukan Tim Dispute Kemenkes dan Koordinasi dgn stake holder terkait (BPJS , Dinas kesehatan provinsi) dalam hal percepatan proses klaim dispute," ungkap Kadir. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Covid 19
  3. Menkes Terawan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini