Menkes Soal 9 WNI di Diamond Princess: Yang Merawat Sekelas Jepang Loh

Rabu, 26 Februari 2020 07:05 Reporter : Merdeka
Menkes Soal 9 WNI di Diamond Princess: Yang Merawat Sekelas Jepang Loh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. ©2020 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan bahwa 9 Warga Negara Indonesia (WNI) kru kapal Diamond Princess, sudah dirawat dengan baik dengan otoritas Jepang. Saat ini, dia menyebut 5 WNI tengah dirawat di salah satu rumah sakit Jepang, sementara 4 lainnya masih di dalam kapal.

"Kalau yang (di Diamond Princess) sana jelas, sakit (corona) turunin, terduga sakit sudah langsung RS. Yang merawat kelasnya Jepang loh bukan kelasnya kita. Artinya Jepang otomatis nek ngerawat bagus," kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (25/2).

Sementara terkait proses evakuasi 69 WNI lainnya yang berada di kapal itu, pemerintah mengaku masih bernegosiasi dengan pemerintah Jepang. Terawan menuturkan bahwa pemerintah sangat berhati-hati memulangkan para WNI tersebut agar tidak membawa episentrum wabah virus corona di Indonesia.

"Kalau jadi episentrum belum tentu kamu bisa jalan ke sini kalo terjadi chaos gara-gara ada episentrum. Kita kan dari green zone," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Fokus Dulu di Kapal World Dream

Saat ini, pemerintah berfokus mengevakuasi 188 WNI di kapal World Dream. Rencananya, mereka akan dievakuasi menggunakan Kapal Rumah Sakit KRI Soeharso dari Selat Durian, Riau pada Rabu (26/2/2020), pukul 10.00 WIB.

Kemudian, 188 WNI itu akan diobservasi ke Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu selama 14 hari. Pulau kosong tak berpenghuni itu disebut memiliki fasilitas yang baik dan sistem keamanan yang tinggi. Sehingga, tak membuat masyarakat setempat khawatir terpapar virus corona.

"Saya melihat (di Pulau Sebaru), ada memang model sekamar, ada sekamar 4 orang, ada yang model untuk observasi, apa diisolasi ada. Ada untuk wanita ada rumah untuk laki-laki ada," tutur Terawan.

Sebelumnya, ada kabar satu penumpang yang positif virus corona atau COVID-19 di Kapal World Dream. Kapal itu sempat ditolak berlabuh di seluruh negara. Bersama penumpang lainnya, ada ratusan kru berkewarganegaraan Indonesia di kapal tersebut.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
Alasan Pulau Sebaru Jadi Lokasi Observasi WNI Kru Kapal World Dream
Menko PMK: 188 WNI di Kapal World Dream Dijemput KRI Soeharso 26 Februari
Pemerintah Tetapkan Pulau Sebaru untuk Observasi 188 WNI Kru Kapal World Dream
Indonesia Hati-hati Evakuasi 74 WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess
Ini Penjelasan Menkes Terawan yang Tak Mau Buru-buru Evakuasi WNI di Jepang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini