Menkes Sebut Lansia Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19 Karena Tingkat Kematian Tinggi

Kamis, 8 April 2021 14:02 Reporter : Ahda Bayhaqi
Menkes Sebut Lansia Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19 Karena Tingkat Kematian Tinggi Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin. ©2020 Humas BNPB

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, lansia menjadi prioritas berikutnya dalam program vaksinasi Covid-19. Sebab, tingkat kematian lansia yang tinggi akibat Covid-19.

Ia menjelaskan, dari fatality rate 2,8 persen, lansia yang meninggal empat kali lipat.

"Kita lihat juga dari satu setengah juta orang yang terkena, hanya 10 persen yang lansia tapi dari 41.000 yang wafat 50 persen itu lansia. Jadi kelihatan sekali lansia itu fatality rate-nya tinggi, risikonya tinggi," ujar Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI, Kamis (8/4).

Sebab itu, Budi meminta kepala daerah memprioritaskan penyuntikan vaksin Covid-19 kepada lansia. Ia bilang, belum semua kabupaten/kota yang memprioritaskan lansia.

"Karena kematiannya tinggi dan belum semua kabupaten kota yang memprioritaskan lansia ini umumnya kalah dengan tenaga publik karena mereka tidak sevokal dengan lainnya," ucapnya.

Menjelang mudik lebaran, Kemenkes memprioritaskan vaksinasi Covid-19 kepada lansia di daerah-daerah yang menjadi tujuan mudik.

"Makanya vaksin ini kita prioritaskan ke kota-kota tujuan yang banyak lansianya sehingga lansia di kota-kota ini kita prioritaskan," kata Budi. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini