Menkes Minta Pengguna Transportasi Publik, Komorbid dan Lansia Tetap Pakai Masker

Selasa, 17 Mei 2022 20:07 Reporter : Supriatin
Menkes Minta Pengguna Transportasi Publik, Komorbid dan Lansia Tetap Pakai Masker Menkes Budi Gunadi Sadikin. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan pemerintah sudah tidak mewajibkan penggunaan masker di ruang terbuka. Penggunaan masker hanya disarankan saat berada di ruang tertutup.

"Sekarang pemerintah sudah tidak mewajibkan penggunaan masker di ruang terbuka," kata Budi dalam konferensi pers, Selasa (17/5).

Selain di ruang tertutup, pemerintah menganjurkan masyarakat tetap memakai masker di dalam transportasi publik. Alasannya, masih banyak transportasi publik di Indonesia yang menggunakan Air conditioner (AC) dan tertutup.

Kelompok rentan seperti komorbid dan lansia juga disarankan tetap menggunakan masker saat beraktivitas. Masker dapat melindungi kelompok rentan dari penularan Covid-19.

"Kemudian untuk yang bergejala seperti batuk-batuk, bersin, sebaiknya tetap menggunakan masker," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga menyinggung soal aturan perjalanan domestik dan internasional. Kini, pemerintah tidak mewajibkan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction maupun antigen bagi pengguna moda transportasi udara.

"Jadi ini dua keputusan penting yang merupakan langkah awal untuk transisi dari pandemi menjadi endemi," ucapnya.

Menurut Budi, tidak menutup kemungkinan pemerintah merelaksasi secara tahap aktivitas lainnya jika situasi Covid-19 semakin baik. Misalnya, jika keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 terus menurun dan kesadaran masyarakat untuk melindungi diri dari Covid-19 meningkat.

"Kita bisa melakukan langkah-langkah relaksasi lainnya yang secara bertahap akan membuat hidup kita kembali normal," tandasnya. [ray]

Baca juga:
Alasan Pemerintah Izinkan Masyarakat Lepas Masker di Ruang Terbuka
Pernyataan Lengkap Jokowi Izinkan Masyarakat Lepas Masker di Ruang Terbuka
Jokowi Izinkan Masyarakat Lepas Masker saat Aktivitas di Ruang Terbuka
Ini Protokol Kesehatan yang Harus Dilakukan agar Anak Terhindar dari Hepatitis

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini