Menkes Harap Azitromisin, Oseltamivir & Favipiravir Ada di Pasaran Pada Awal Agustus

Senin, 26 Juli 2021 14:25 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Menkes Harap Azitromisin, Oseltamivir & Favipiravir Ada di Pasaran Pada Awal Agustus Menkes Budi Gunadi Sadikin. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin berharap, pada awal Agustus beberapa obat yang langka bisa masuk ke pasar secara signifikan. Obat-obat tersebut yaitu Azitromisin, Oseltamivir, Favipiravir.

"Saya sampaikan mudah-mudahan di awal Agustus nanti beberapa obat-obatan yang sering dicari masyarakat misalnya azitromisin, oseltamivir maupun Favipiravir, itu sudah bisa masuk ke pasar secara lebih signifikan," katanya dalam konferensi pers dalam akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (26/7).

Dia menjelaskan seperti azitromisin hingga saat ini terdapat stok 11,4 juta yang ada di nasional. Sebab kata dia terdapat 20 pabrik lokal yang memproduksi obat tersebut.

"Jadi sebenarnya kapasitas produksi mencukupi. Memang ada sedikit hambatan di distribusi dan kita sudah bicarakan dan sekarang setiap hari kita berkonsultasi dengan teman-teman di GP Farmasi untuk memastikan agar obat azitromisin ini bisa masuk ke apotek," jelasnya.

Kemudian, Budi mengungkapkan, untuk Favipiravir sudah memiliki stok hingga 6 juta diseluruh Indonesia. Serta ada beberapa produsen dalam negeri yang akan segera meningkatkan stok Favipiravir. Termasuk PT Kimia Farma yang bisa mencapai 2 juta perhari. Sementara itu rencananya PT Dexa Medica juga akan impor 15 juta pada Agustus.

"Kita akan impor juga 9,2 juta dari beberapa negara untuk mulai bulan Agustus, dan ada pabrik baru rencananya yang mulai Agustus juga akan produksi 1 juta favipilravir setiap hari," terangnya.

Lalu oseltamivir Indonesia juga sudah memiliki stok hingga Agustus yaitu sekitar 12 juta. Tetapi nantinya kata dia oseltamivir akan bertahap digantikan oleh Favipiravir.

“Tiga obat, Azitromisin, Favipiravir dan Oseltamivir yang memang diproduksi dalam negeri," tutup Budi. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini