Menkes Budi Heran, Sudah Puluhan Tahun TBC di Indonesia Tak Hilang-Hilang

Selasa, 15 Juni 2021 19:00 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menkes Budi Heran, Sudah Puluhan Tahun TBC di Indonesia Tak Hilang-Hilang Menkes Budi Gunadi Sadikin. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku heran kasus tuberkulosis atau TBC di Indonesia belum juga bisa hilang. Bahkan penyebaran penyakit tersebut sudah semakin besar seperti halnya kasus Covid-19.

"TBC ini penularannya mirip dengan covid, matinya lebih banyak dari covid. Jadi udah berapa puluh tahun enggak hilang-hilang, malah makin besar," kata Menkes Budi dalam Webinar Seri II: Kebijakan Pemerintah, Peluang, Tantangan, dan Kepemimpinan di Masa dan Pasca Pandemi Covid-19, Selasa (15/6).

Tak hanya TBC, Menkes Budi juga menyoroti kasus kematian karena penyakit tidak menular di Indonesia juga masih tinggi. Misalnya saja, kasus kematian ibu dan anak hingga persoalan stunting.

"Ini adalah ujian kesehatan yang harus kita bereskan dan sudah puluhan tahun enggak selesai," jelasnya.

Mantan Wakil Menteri BUMN ini melanjutkan, selain pada persoalan penyakit pemerintah juga masih punya kendala lain di Rumah Sakit (RS). Di mana jumlah tempat tidur masih di bawah rata-rata negara-negara lain.

"Itu juga sebab kenapa orang yang kaya berobat ke luar. Dari sisi jumlah bed kita jauh di bawah negara lain dan juga tidak merata penyebarannya," jelasnya. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini