Menkes Akui Tak ada Kerjasama dengan KPU Cek Kesehatan Petugas KPPS

Rabu, 24 April 2019 12:37 Reporter : Moh. Kadafi
Menkes Akui Tak ada Kerjasama dengan KPU Cek Kesehatan Petugas KPPS Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengunjungi Rumah Berdaya Denpasar, di Jalan Raya Sesetan, Denpasa. ©2019 Merdeka.com/kadafi

Merdeka.com - 119 Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Pemilu 2019 meninggal dunia. Mayoritas, mereka meninggal akibat beban kerja yang berat menjaga lima surat suara pemilu serentak, hingga kelelahan.

Terkait hal itu, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengaku, lembaganya sudah bergerak melihat fenomena itu.

"Kami sudah bergerak, ketika kita mendengar tentang hal tersebut," ucapnya, saat ditemui di Denpasar, Bali, Rabu (24/4).

Menteri Nila juga menjelaskan, selama ini memang dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak ada bentuk kerjasama terkait pemeriksaan kesehatan petugas KPPS.

"Memang KPU sebelumnya tidak ada bentuk kerjasama. Jadi kami terus melakukan surat edaran terus keseluruhan Indonesia kepada Dinas kesehatan agar membantu TPS-TPS ini," ungkapnya.

"TPS ini ada (813.350) bayangkan. Jadi mereka bekerjanya saya melihat memang tentu agak lelah dalam hal ini. Sekarang kami bergerak untuk membantu mereka dalam kesehatan," ujarnya.

Sementara dari data awal yang didapat, hingga kini sudah ada 119 petugas yang meninggal serta 500-an yang sakit pascapemilu. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini