Menhub Sebut 1,5 Juta Orang Nekat Mudik pada Lebaran 2021

Sabtu, 15 Mei 2021 15:07 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Menhub Sebut 1,5 Juta Orang Nekat Mudik pada Lebaran 2021 Menhub Budi Karya. Istimewa

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mencatat jumlah pemudik selama Lebaran 2021 sebanyak 1,5 juta orang. Mereka tetap nekat mudik meski pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

"Menurut catatan kami kurang lebih 1,5 juta lebih sedikit," ujarnya dalam jumpa pers 'Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid-19 Pascalibur Lebaran', Sabtu (15/5).

Budi menyebut, ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan peniadaan mudik, angka potensi pemudik menjadi turun. "Kecenderungan masyarakat itu kalau dibiarkan, sebesar 33 persen mereka akan mudik. Kalau akan dilarang turun menjadi 11 persen dan saat pelarangan, saat kampanye sudah dilakukan turun jadi 7 persen," kata dia.

Budi mengklaim larangan mudik Lebaran tahun ini efektif. Hal tersebut terbukti dari penurunan jumlah penumpang di bandar udara, kapal penyeberangan, dan kereta api.

"Jadi, apa yang kami lakukan cukup efektif dan ini ditandai bahwa sektor udara, sektor laut, dan kereta api turun sampai (tersisa) 10 persen," tandasnya. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini