Menhub Minta Kementerian dan Lembaga Bantu Sediakan Bus Mudik Gratis

Kamis, 28 April 2022 16:32 Reporter : Nur Fauziah
Menhub Minta Kementerian dan Lembaga Bantu Sediakan Bus Mudik Gratis Menhub di Terminal Jatijajar Depok. ©2022 Merdeka.com/Nur Fauziah

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi meminta agar kementerian dan lembaga membantu warga yang ingin mudik namun belum terfasilitasi. Mereka diminta mengerahkan armada bus yang dimiliki untuk program mudik gratis.

"Kita mohon pada kementerian dan lembaga kalau nggak bisa 10 atau dua saja masing-masing (armadanya untuk bantuan mudik)," kata Budi Karya di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, Kamis (28/4).

Budi Karya memerintahkan Dirjen Hubungan Darat berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga untuk merealisasikan bantuan itu. Tambahan armada itu diharapkan bisa membantu warga yang ingin mudik. Terlebih saat ini daya beli masyarakat relatif belum maksimal, sehingga jadi bus gratis sangat dibutuhkan.

2 dari 3 halaman

CSR Perusahaan

Budi Karya mengaku telah berbicara dengan para pemudik. Mereka mengaku sangat senang sekali dengan adanya fasilitas bus mudik gratis.

"Jadi kita berikan CSR toh ada anggarannya, saudara kita senang. Amanah Presiden untuk berikan penghargaan kepada masyarakat. Dan ini juga mengurangi load pada jalur-jalur padat. Jadi Pak Dirjen tolong dikoordinasikan," ujarnya.

Tambahan armada bus gratis ini diharapkan dapat segera dilaksanakan, karena masyarakat dinilai sangat membutuhkannya. "Karena butuh sekali, mereka gembira sekali, jadi saya berharap tambahan mudik lebaran ini harus dilaksanakan," katanya.

Melihat ini, Enesis Group membuka posko mudik dan arus balik di beberapa titik di Pulau Jawa sejak 25 April hingga 8 Mei 2022.

Chief Sales & Marketing Officer, Ryan Tirta Yudhistira menyampaikan, kegiatan posko mudik ini adalah program lanjutan dari posko nataru tahun lalu. Sebagai wujud komitmen perusahaan Enesis Group konsisten bersinergi dengan pemerintah untuk melayani negeri dan menyehatkan bangsa melalui program-program CSR, salah satu program CSR kali ini adalah dengan berkolaborasi bersama pemerintah mendirikan posko mudik.

"Posko Mudik lebaran kali ini menyediakan layanan dan fasilitas kebutuhan prokes bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan sehingga pemudik aman dan nyaman, serta sehat saat tiba di tempat tujuan," ucap Ryan.

Posko Mudik Rileks Sehat Adem, menyediakan layanan dan fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pemudik seperti pijat rileksasi gratis bersama Plossa, membagikan moment mudik di Photobooth Adem Sari, dan mendapatkan semprot Kispray gratis untuk bebaskan kuman dan wangi tahan lama selama perjalanan.

Adapun Posko Mudik Rileks Sehat Adem ini dapat ditemukan di, titik-titik berikut:
1. Terminal Jatijajar, Depok
2. Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur
3. UPPKB Balonggandu, Karawang
4. Pelabuhan Merak, Banten
5. Pelabuhan Bakauheni, Lampung
6. Rest Area SPBU Utama Raya, Jawa Timur
7. Satpel UPKB Tanjung, Brebes
8. Terminal Tirtonadi, Solo
9. Terminal Purabaya, Surabaya
10. Selecta, Batu
11. UPPKB Losarang, Indramayu
12. Rest Area 88A
13. Rest Area 88B
14. Sari Ater, Bandung
15. Sabda Alam, Garut

"Posko mudik ini pun diharapkan dapat mendukung masyarakat agar terbiasa menerapkan protokol kesehatan di titik titik jalur mudik lebaran kali ini," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi.

3 dari 3 halaman

Banyak Pemudik Belum Kebagian Tiket

Dari hasil pantauan pihaknya di Terminal Kampung Rambutan masih banyak penumpang yang tidak kebagian tiket mudik. Hal itu menunjukkan permintaan di masyarakat masih tinggi namun ketersediaan armada kurang.

"Nah, sebenarnya pasar ini masih ada. Pak Dirjen koordinasi dengan PO bus untuk menambah suplainya karena secara komersial karena masih ada," tegas Budi Karya.

Disebutkan, untuk hari pertama dan kedua Lebaran masih banyak warga yang berangkat mudik ke kampung halaman. Bus yang hari ini menuju daerah bisa kembali lagi ke Jakarta untuk mengambil penumpang secara komersial. "Tolong dikoordinasikan secara intensif dengan para PO," pungkasnya. [yan]

Baca juga:
Menhub Klaim Program Mudik Gratis Kurangi Kemacetan
Cerita Saimin Berebut Tiket Mudik Gratis Usai 2 Tahun Tak Pulang Kampung
Menko PMK dan Menteri Perhubungan Lepas Mudik Gratis di Terminal Jatijajar
CEK FAKTA: Viral Video Pemudik Gratis Kena Pungli, Ini Fakta Sebenarnya
Menko PMK Ingatkan Sopir Bus: Jangan Sembrono, Kalau Capek Jangan Segan Istirahat
Update Lalu Lintas Tol Cikampek, KM 86 Hingga Cipali Terapkan Contra Flow
Tersedia 1.200 Kuota, Warga Bisa Mudik Gratis ke Sejumlah Daerah di Sulsel

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini