Menhub Ingin Tes GeNose Berlaku di Banyak Stasiun hingga Perkantoran

Jumat, 19 Februari 2021 16:19 Reporter : Aksara Bebey
Menhub Ingin Tes GeNose Berlaku di Banyak Stasiun hingga Perkantoran Menhub tinjau pelayanan GeNose di Stasiun Bandung. ©Istimewa

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose di Stasiun Bandung, Jumat (19/2). Dia menginginkan layanan ini diperluas ke banyak stasiun dan perkantoran.

Menurut Budi Karya, semua pihak harus ikut berpartisipasi menekan kasus Covid-19, termasuk industri transportasi, seperti kereta api. Setiap penumpang yang ingin melakukan perjalanan harus dalam kondisi sehat dan tidak membawa virus.

"Pemberian syarat bagi mereka yang akan menggunakan kereta api wajib dilakukan antigen, PCR atau GeNose. Ini adalah tahap dua GeNose kita lakukan, kalau pertama kali kita lakukan di Yogyakarta dan Jakarta, sekarang kita (berlakukan) di lima kota, yaitu di Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Solo," kata Budi.

Budi Karya berharap kebijakan ini bisa diterapkan di 20 daerah besar lain di Indonesia dalam sepekan ke depan. Kota-kota kecil nantinya dapat mengikuti sehingga masyarakat terbiasa dengan aturan pemeriksaan ini.

"Kita ingin 44 stasiun ini bisa dilengkapi perlengkapan GeNose itu dalam satu bulan ini. Kalau saya lihat tadi ya saya lihat ada improvement, di sini tadi sudah gunakan ruang bilik, meniup tidak berdekatan dengan orang lain, ini input dari pakar bahwa harus ada penyekatan," jelas Budi Karya.

Dia juga menginginkan pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose ini berlaku di perkantoran. Target awal, dalam dua pekan ini bisa dilakukan di lingkungan kantor Kementerian Perhubungan dua minggu sekali dan terus berulang.

GeNose diangggap lebih murah untuk mengetahui atau mendeteksi awal Covid-19. Ini bisa berpengaruh secara signifikan dalam proses pelacakan terhadap orang yang berkontak erat dengan yang terkonfirmasi positif. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini