Menhub Budi Minta 2,6 Juta Pemudik yang Sudah di Kampung Halaman Tunda Kepulangan

Senin, 10 Mei 2021 13:41 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Menhub Budi Minta 2,6 Juta Pemudik yang Sudah di Kampung Halaman Tunda Kepulangan Menhub tinjau Terminal Pulogebang. ©Liputan6.com/Maulandy

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta masyarakat yang sudah mudik untuk menunda kepulangan. Budi menyebut akan ada 2,6 juta pemudik yang akan balik setelah lebaran nanti.

"Dari catatan kami ada 22% yang akan balik dari hari Minggu H+2 itu. Kalau dikuantifikasi kira kira 2,6 juta. Oleh karenanya yang akan kami usulkan pertama menunda kepulangan supaya tidak bertemu di satu tempat tertentu," kata Menhub Budi di akun youtube Sekretariat Presiden, Senin (10/5).

Budi mengusulkan agar dilakukan tracing yang intensif di sejumlah kota yang mobilitas pemudiknya besar.

"Kedua, kami mengusulkan tracing yang intensif di beberapa tempat yang konsentrasinya besar, katakanlah di Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Semarang, Cirebon, Jakarta bahkan yang dari Sumatera di Bakauheni dilakukan tracing secara intensif," tuturnya.

Lebih lanjut, Budi mengusulkan khusus pemudik lewat perjalanan darat diberikan vaksinasi secara gratis. Sedangkan, pemudik melalui transportasi udara dilakukan tracing yang lebih pendek.

"Kami usulkan Pak Menko, Pak Menkes memberikan vaksin gratis untuk mereka yang melakukan perjalanan darat," ucapnya.

"Sedangkan perjalanan udara kita usulkan tracing dengan waktu yang lebih pendek tapi besok baru kita akan lakukan pembahasan," pungkasnya. [bal]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini