Mengintip persiapan Sri Sultan Hamengku Buwono X mantu

    Reporter : Dedi Rahmadi | Kamis, 5 September 2013 04:30


    4.
    Kereta kencana

    Merdeka.com - Rencana prosesi pernikahan putri ke empat Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Hayu dengan KPH Notonegoro yang akan dilangsungkan pada 23 Oktober 2013 mendatang, berbeda dengan prosesi pernikahan sebelumnya. Jika biasanya selalu mengendarai mobil, saat menuju tempat upacara Pawiwahan Ageng (Pernikahan Agung) kali ini, Sultan HB X dipastikan akan mengendarai kereta kencana pusaka milik keraton.

    Bapak akan naik kereta kencana, ke Bangsal Kepatihan (tempat resepsi). Belum tahu mau pakai yang mana. Dengan ditarik 8 kuda, atau 6 kuda. Terus dari Paku Alaman juga menghendaki naik kereta kencana, ujar GKR Hayu kepada merdeka.com, Selasa (3/9) di Kompleks Kraton Yogyakarta.

    Menurut Hayu, pihak Keraton masih melakukan pengecekan fisik dan pembenahan beberapa kereta kencana. Selain itu juga dilakukan uji coba, agar bisa diketahui keamanannya.

    Ada tiga alternatif kereta pusaka yang akan dipakai bapak (Sri Sultan). Yakni Kyai Wimono Putro (kendaraan putra mahkota) yang ditarik oleh delapan kuda, Kyai Harsunobo ditarik oleh enam kuda serta Kyai Jatayu ditarik oleh empat kuda, paparnya.


    [mtf]

    Komentar Anda



    BE SMART, READ MORE