Mengintip Koleksi Kendaraan Para Presiden Indonesia

Senin, 16 September 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Mengintip Koleksi Kendaraan Para Presiden Indonesia Mobil Soekarno. ©blogspot.com

Merdeka.com - Para Presiden Indonesia, mulai dari Presiden RI ke-1 hingga Presiden RI ke-7 memiliki koleksi-koleksi kendaraan motor dan mobil. Bahkan koleksi kendaraan mereka masih tersimpan rapi dan terawat. Beberapa koleksi kendaraan mereka sempat di pamerkan di beberapa acara.

Berikut koleksi-koleksi kendaraan para Presiden Indonesia, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal:

1 dari 7 halaman

Presiden Soekarno

Presiden Pertama RI, Soekarno punya beberapa koleksi kendaraan, yang hingga saat ini masih tersimpan rapi. Koleksi kendaraan milik Soekarno berupa mobil dan motor klasik yang kekinian di zamannya.

Kendaraan klasik itu antara lain mobil Chrysler Windsor Limo, mobil ZIL 111 Limo, mobil Buick-8, mobil Chrysler Imperial, mobil Cadillac 1948, dan mobil DeSoto.

Tak hanya mobil, Soekarno juga memiliki koleksi motor bernama Vespa Kongo berkapasitas 150 cc. Vespa ini merupakan hadiah kontingen pasukan perdamaian PBB yang kebetulan saat itu sedang bertugas di Kongo. Pasukan itu diberi nama Kontingen Garuda.

2 dari 7 halaman

Presiden Soeharto

Presiden ke-2 RI, Soeharto ternyata memiliki koleksi motor gede. Motor itu bernama Harley Davidson Heritage Softail with Sidecar 1996. Ternyata motor ini pernah dibawanya dengan membonceng BJ Habibie berkeliling.

Motor Harley Davidson dikategorikan sebagai motor antik. Mesin motornya mengandalkan karburator dengan tenaga berkapasitas 1.338 cc.

3 dari 7 halaman

Koleksi Mobil BJ Habibie

Presiden ke-3 RI, BJ Habibie punya banyak koleksi mobil antik. Bahkan Habibie memiliki garasi yang cukup luas di rumahnya yang diisi puluhan kendaraan klasik, baik roda dua maupun roda empat.

Untuk tunggangan roda empat, BJ Habibie sangat menyukai pabrikan ternama asal Jerman yaitu Mercedes-Benz 300SL. Sebagai sports car klasik, mobil ini memiliki performa yang mumpuni. Memiliki mesin enam silinder dengan transimisi empat percepatan, Mercy 300SL Gullwing mampu memuntahkan 215 Tk dan dapat mencapai kecepatan maksimum 260 kilometer per jam.

BJ Habibie juga memiliki Harley Davidson Bad Boy yang mesinnya berkapasitas 1.340 cc, yang diproduksi tahun 1996.

4 dari 7 halaman

Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Mobil Mercedes Benz milik Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid, atau biasa disapa Gus Dur terpampang di pameran koleksi mobil-mobil klasik Mercedes Benz di Jawa Timur.

Salah satu kemasan acara berkategori Mercedes-Benz Custom Car Show ini pun diklaim sebagai ajang kompetisi pertama kali untuk komunitas Mercedes –Benz tahun 2011 lalu.

5 dari 7 halaman

Presiden Megawati Soekarnoputri

Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri ternyata mengoleksi berbagai jenis motor astrea. Mengutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diterbitkan oleh KPK, ada 10 motor Honda Astrea dari tahun pembuatan 1992 hingga 1994.

Tentu saja koleksi motor jadul milik Megawati ini menjadi incaran anak muda penggemar motor-motor buatan tahun 90an.

6 dari 7 halaman

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono punya koleksi motor Harley Road Glide Screaming Eagle dengan mesin berkapasitas 1.690 cc.

Tak hanya Harley, SBY juga memiliki motor keluaran 1997. Motor itu bernama Suzuki Tornado, salah satu motor 2-tak bermesin 110 cc.

7 dari 7 halaman

Presiden Jokowi

Presiden ke-7 RI, Joko Widodo juga punya koleksi motor bernama Royal Enfield Bullet 350. Motor ini awalnya didatangkan dari India. Kemudian dimodifikasi dan menghabiskan dana Rp40 juta. Motor itu berkapasitas mesin 35cc.

Bahkan motor koleksinya ini pernah menemaninya berkunjung ke salah satu daerah di Indonesia. [dan]

Baca juga:
Pamerkan Barang Antik Koleksinya, Fadli Zon Paling Berkesan dengan Surat Bung Karno
Arkeolog Ini Perlu 35 Tahun untuk Bangun Miniatur Terakurat Kota Romawi Kuno
Hand of Glory, Sepotong Tangan Keramat Koleksi Museum di Inggris
Potongan kue pengantin William-Kate bakal dilelang 13,3 juta rupiah
Ini kintsugi, seni mereparasi barang pecah belah dengan emas

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini