Mengintip Kemegahan Bandara Yogyakarta Terbaru, Terbesar Ketiga di Indonesia

Senin, 29 April 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Mengintip Kemegahan Bandara Yogyakarta Terbaru, Terbesar Ketiga di Indonesia Bandara Yogyakarta. Twitter/@Sutopo_PN

Merdeka.com - New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang berlokasi di Kulon Progo siap beroperasi. Bandara Yogyakarta baru ini terletak tepat di sisi pantai selatan Yogyakarta. Bandara baru ini dibangun dengan fasilitas modern, dan tak akan sepi pengunjung.

Bandara Yogyakarta yang baru ini mulai dibangun tahun 2017 dan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 29 April 2019. Berikut kemegahan Bandara Kulon Progo, bandara baru di Yogyakarta:

1 dari 4 halaman

Dilengkapi dengan Akses Kereta Api

Bandara NYIA akan difasilitasi dengan akses kereta api. Namun pada saat beroperasi terbatas nanti, layanan kereta api baru sampai Stasiun Wojo yang berlokasi di Wates.

Stasiun Wojo ke NYIA ini sendiri memiliki waktu tempuh kurang lebih 15 menit. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, selain melalui Stasiun Wojo, nantinya juga akan dibangun jalur kereta api khusus dari Stasiun Tugu menuju NYIA.

"Saat ini memang bisa dilayani via Stasiun Wojo, tapi nanti juga akan kita bangun langsung dari Tugu ke bandara ini, ini akhir 2020 bisa dilayani, waktu tempuhnya 30-45 menit," kata Budi Karya.

Tidak hanya itu, NYIA juga memiliki fasilitas moda transportasi dengan bus. Damri menjadi salah satu operator yang akan melayani rute NYIA ke Terminal Bus Giwangan, Yogyakarta. Dari Terminal Giwangan ini nantinya para penumpang bisa melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan.

2 dari 4 halaman

Landasan Pacu di Sisi Pinggir Pantai

Salah satu keistimewaan Bandara NYIA adalah landasan pacu yang berjarak satu kilometer dari pantai. Landas pacu NYIA dibangun pada ketinggian 7,8 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara apron berada 8 mdpl dan terminal 9 mdpl. Bangunan terminal juga telah dirancang tahan terhadap ancaman gempa bumi hingga Magnitudo 8,8.

3 dari 4 halaman

Bandara NYIA Lebih Besar daripada Adisutjipto

Luas terminal Bandara NYIA akan menyaingi Bandara Adisutjipto. NYIA memiliki terminal seluas 210 ribu meter persegi berkapasitas 14 juta penumpang per tahun. Jumlah ini 9 kali lipat lebih besar dari kapasitas Bandara Adisutjipto.

"NYIA akan menjadi bandara terbesar ketiga di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta di Banten dan Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali," kata Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

4 dari 4 halaman

Dilengkapi dengan Banyak Fasilitas

Bandara NYIA memiliki banyak fasilitas. salah satunya masjid dengan desain yang unik. Masjid ini dinamakan masjid Al-Akbar yang dibangun di lahan seluar 760 meter persegi. Dan konsepnya adalah eco-green. Masjid Al Akbar juga didesain tahan gempa, dengan ornamen desain batik krawung.

Tak hanya itu saja, NYIA juga memiliki gedung PKP-PK, kargo dan EMPU, Main Power House (MPH), gedung administrasi, dan juga akan dilengkapi dengan skybridge. [has]

Baca juga:
Pengoperasian Bandara New Yogyakarta Kembali Ditunda
Peresmian Operasi Bandara NYIA Akan Ditandai Pendaratan Pesawat Presiden Jokowi
Per 1 Mei 2019, Tarif Parkir Roda 4 Bandara Ngurah Rai Naik Rp 1.000
Menhub Budi Pastikan Bandara New Yogyakarta Tidak Akan Sepi
Intip Kemegahan Ruang Check In dan Tunggu Bandara Internasional Yogyakarta

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini