Mengintip Cara Hidup New Normal di Indonesia

Rabu, 20 Mei 2020 13:31 Reporter : Bachtiarudin Alam
Mengintip Cara Hidup New Normal di Indonesia Wapres Bayar Zakat Fitrah Secara Online Kepada BAZNAS. ©Istimewa

Merdeka.com - Pemerintah meminta rakyat bersiap untuk menghadapi hidup ‘New Normal’ usai pandemi Covid-19 berakhir. Kebiasaan baru dengan menekankan protokol kesehatan diprediksi terjadi usai pandemi.

Peneliti Center For Innovation and Governance (Cigo) Fia UI, Eko Sakapurnama memberikan catatan perkiraan jika masyarakat memulai perubahan dan terbiasa dengan the new normal.

"Selain protap yang sudah berlaku seperti pakai masker, cuci tangan. Pemerintah juga harus menyiapkan protokol setiap masing-masing sektor seperti pendidikan, dunia usaha, manufaktur, transportasi dan lain-lain," ujarnya saat dihubungi merdeka.com, Rabu (20/5).

Menurutnya, ke depan perubahan itu akan terjadi di beberapa sektor kehidupan seperti, restoran yang akan memakai bilik pelindung, pengecekan suhu menjadi wajib dan WFH akan menjadi permanen diterapkan perusahaan.

"Kemudian, seperti pabrik akan siapkan teknologi robotik, layanan jasa panggilan online semakin marak termasuk bengkel-bengkel. Dari segi kesehatan, telemedicine menjadi biasa dan masyarakat akan mulai sadar kebutuhan multivitamin, makanan yang sehat," sebutnya.

Dia menambahkan untuk sektor pendidikan, para murid maupun mahasiswa akan terbiasa dengan masuk kelas secara bergantian atau sesi kelas blanded tatap muka jarak jauh.

"Untuk sektor yang lainnya, semisal konser musik secara online, pertandingan olahraga tanpa penonton. Hingga masuk ke mall dengan jumlah batas pengunjung. Itu semua mungkin akan terjadi," kata Eko.

Kebiasaan itu, lanjut dia, akan diterapkan sampai vaksin Covid-19 telah ditemukan, maka penting untuk masyarakat memulai prilaku displin menjalankan protokol tetap kesehatan.

"Lalu, Sarana dan prasarana akses teknologi digital untuk WFH dan online, e-commerce, telemedicine, harus disiapkan pemerintah. Maka penting rubah pola pikir pemerintah untuk new normal, sehingga kebijakan yang disusun berdasarkan situasi dan fakta di lapangan (evidence based policy)," pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Bersiap Hidup New Normal...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini