KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Mengenang 12 Mei 1998, mahasiswa Trisakti upacara tabur bunga

Selasa, 12 Mei 2015 12:27 Reporter : Siti Nur Azzura
Peringatan Tragedi 12 Mei 1998. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Pada tanggal 12 Mei 1998, telah terjadi aksi demonstrasi besar-besaran di gedung DPR/MPR oleh mahasiswa di Jakarta, salah satunya Mahasiswa Trisakti. Mereka menuntut Soeharto agar turun dari jabatannya sebagai Presiden RI, akibat goyahnya ekonomi Indonesia karena terpengaruh oleh krisis finansial Asia sepanjang 1997 - 1999.

Namun aksi ini kemudian diwarnai oleh penembakan yang dilakukan oleh Polri dan militer, hingga menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta serta puluhan lainnya luka-luka. Mereka adalah Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan, dan Hendriawan Sie yang tewas tertembak di dalam kampus, terkena peluru tajam di tempat-tempat vital seperti kepala, tenggorokan, dan dada. Hingga kini, peristiwa tersebut dikenal sebagai Tragedi Trisakti yang selalu diperingati setiap tanggal 12 Mei.



Setelah 17 tahun, kini sejumlah mahasiswa Trisakti, Jakarta menggelar upacara peringatan Tragedi Trisakti di depan Monumen Tragedi 12 Mei, Selasa (12/5). Upacara ini ditandai dengan penaburan bunga sebagai bentuk penghormatan atas tewasnya empat mahasiswa Trisakti kala itu.


Dari pantauan merdeka.com, sebelumnya pasukan pengibar bendera Universitas Trisakti membawa foto dari keempat mahasiswa menuju Monumen Tragedi 12 Mei. Kemudian, para dosen dan mahasiswa menaruh rangkaian bunga di empat tempat yang berbeda.



Bukan hanya dihadiri oleh dosen dan mahasiswa, upacara peringatan tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol M Fadil Imran, yang juga turut menaburkan bunga untuk keempat mahasiswa. 17 Tahun telah berlalu, kasus pelanggaran HAM tersebut masih belum terungkap siapa dalang di balik insiden tersebut. [eko]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.