Mengenal Jayabaya, peramal jitu sepanjang masa

Sabtu, 7 Maret 2015 08:07 Reporter : Siti Nur Azzura, Imam Mubarok
Mengenal Jayabaya, peramal jitu sepanjang masa Jayabaya. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Prabu Jayabaya yang bergelar Sri Maharaja Sri Warmmeswara Madhusudana Wataranindita Parakrama Digjayottunggadewanama Jayabhayalancana dikenal sebagai tokoh yang sangat terkenal dan melegenda dari zaman Kerajaan Kediri.

Kisah tentang Jayabaya diawali ketika Raja Airlangga membagi kekuasaan menjadi dua yakni Panjalu dan Jenggala. Menurut ahli sejarah Kediri, Ki Tuwu atas konflik yang berkepanjangan itu pada 1135, tampil raja yang terkenal yaitu Raja Jayabaya.

Jayabaya ingin mengembalikan kejayaan seperti masa Airlangga dan ternyata ini berhasil, Panjalu dan Jenggala dapat bersatu kembali. Hal itu dijelaskan dalam Prasasti Hantang (1057 Saka) atau 1135 M dituliskan kata Pangjalu Jayati, artinya Panjalu menang berperang atas Jenggala dan sekaligus untuk menunjukkan bahwa Jayabaya adalah pewaris tahta kerajaan yang sah dari Airlangga.

Selain sebagai pewaris tahta kerajaan yang sah dari Airlangga, Jayabaya juga memiliki berbagai kisah yang menarik banyak perhatian masyarakat. Berikut selengkapnya:

Baca Selanjutnya: Punya tuah dengan nama Jangka...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ramalan
  3. Top List
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini