Mengenal Iqbal Firmansyah, Pembuat 'Dinosaurus' Viral yang Diturunkan dari Truk

Jumat, 5 Februari 2021 12:37 Reporter : Purnomo Edi
Mengenal Iqbal Firmansyah, Pembuat 'Dinosaurus' Viral yang Diturunkan dari Truk Iqbal Firmansyah pembuat dinosaurus. ©2021 Merdeka.com/purnomo edi

Merdeka.com - Iqbal Firmansyah, seorang pria yang tinggal di Kelurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul menekuni usaha pembuatan patung animaltronik dinosaurus. Salah satu karya patung animaltronik bikinan Iqbal adalah viralnya seekor dinosaurus turun dari truk yang berada di Magetan, Jawa Timur.

Iqbal menyebut jika dirinya sejak 2018 lalu menekuni pembuatan patung animaltronik dinosaurus. Hingga saat ini Iqbal menuturkan sudah hampir 100 dinosaurus yang dibuatnya dan tersebar di berbagai daerah.

Dinosaurus buatan Iqbal bersama 8 rekannya di Jagad Adwork ini berbeda dengan cosplay lainnya. Dengan ketelitian dan ketekunan Iqbal, cosplay bikinannya bisa terlihat hidup dan bergerak dan mengeluarkan suara layaknya seekor dinosaurus sungguhan.

"Untuk menjalankannya dinosaurus ini ada dua cara. Untuk patung animaltronikbyang kecil bisa diatur (mesin). Tetapi yang besar menggunakan dua orang yang masuk ke dalam dengan dilengkapi monitor kamera depan dan kamera belakang supaya tidak nabrak saat bergerak dan ada suaranya," ujar Iqbal, Jumat (5/2).

Iqbal menerangkan ketertarikannya pada dinosaurus tak lepas dari kenangan masa kecilnya. Sejak kecil hingga saat ini, Iqbal mengaku dirinya memang gemar dengan dinosaurus.

iqbal firmansyah pembuat dinosaurus
©2021 Merdeka.com/purnomo edi

Berawal dari kecintaannya pada dinosaurus, Iqbal pun ingin mewujudkan memunyai dinosaurus yang mirip dan terlihat nyata. Kemudian Iqbal pun belajar membuat patung animaltronik berbentuk dinosaurus.

"Saya belajarnya otodidak. Keinginan saya dulu setelah nonton film dinosaurus membuat replikanya yang semirip mungkin. Kemudian saya pun belajar dan akhirnya bisa membuat seperti ini," ungkap Iqbal.

"Saya pengen mewujudkan imajinasi anak-anak. Jadi enggak hanya melewati film tapi melewati karya riil dalam bentuk animaltronik. Di situ kan anak juga dapat belajar dan ada sisi edukasinya. Enggak hanya melalui film bisa melalui patung animaltronik ini," sambung Iqbal.

Iqbal menjelaskan, untuk membuat patung animaltronik ini dibutuhkan bahan berupa besi hollow, besi strip, pipa, lapisan busa dan beberapa bahan lainnya. Lulusan SMK ini menerangkan jika dinosaurus bikinannya dibanderol seharga Rp 20 juta hingga ratusan juta tergantung jenis dan ukurannya.

Iqbal memaparkan berbagai jenis dinosaurus sudah dibuat mulai dari dilophosaurus, parasaurolophus, velociraptor, stegosaurus, indominus rex, allosaurus, brachiosaurus, ankylosaurus.

Ke depan, Iqbal berencana membuat patung animaltronik atau replika dari binatang endemik Indonesia, Komodo. Saat ini, Iqbal tengah melakukan riset untuk pembuatan patung animaltronik komodo ini. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini