Menerawang masa depan lewat ramalan

Sabtu, 7 Maret 2015 06:09 Reporter : Anwar Khumaini
Menerawang masa depan lewat ramalan Ramalan kiamat. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Syalala lala mana bintangmu, syalala lala ini bintangku

Marilah kita coba menebak pribadimu pribadiku...

Ramalan bintang, atau Horoskop, seperti penggalan lagu pop lawas di atas mungkin yang paling populer bagi masyarakat Indonesia. Semua orang, sudah pasti hampir tahu apa bintang mereka, disesuaikan dengan tanggal dan bulan kelahiran. Ramalan bintang ini pun kadang dijadikan patokan bagi seseorang untuk mencari jodoh, teman, atau cuma sekadar cari pacar.

Namun, bicara tentang ramalan, sebenarnya tak cuma ramalan bintang saja. Orang Tionghoa memiliki ramalan Shio, yang didasarkan pada tahun kelahiran. Orang Jawa punya Primbon, yang berisi lengkap tentang karakter seseorang, jodoh, hari baik untuk melakukan hajatan, bahkan pekerjaan.

Bahkan, di tanah Jawa, dikenal seorang peramal dikdaya, sakti mandraguna yang namanya masih masyhur hingga saat ini: Jayabaya. Ramalan Jayabaya atau sering disebut Jangka Jayabaya adalah ramalan dalam tradisi Jawa yang salah satunya dipercaya ditulis oleh Jayabaya, raja Kerajaan Kediri. Ramalan ini dikenal pada khususnya di kalangan masyarakat Jawa yang dilestarikan secara turun temurun oleh para pujangga.

Asal usul utama serat ramalan Jayabaya dapat dilihat pada kitab Musasar yang digubah oleh Sunan Giri Prapen. Sekalipun banyak keraguan keasliannya, tapi sangat jelas bunyi bait pertama kitab Musasar yang menuliskan bahwa Jayabaya yang membuat ramalan-ramalan tersebut.

"Kitab Musarar dibuat tatkala Prabu Jayabaya di Kediri yang gagah perkasa, musuh takut dan takluk, tak ada yang berani."

Di luar negeri, terkenal bangsa Maya, yang meramal dunia akan kiamat pada tahun 2012. Namun, ternyata ramalan suku Maya tersebut tak terbukti.

Mesir kuno juga memiliki ramalan. Modelnya mirip dengan Horoskop, yang didasarkan pada tanggal lahir. Kalau dalam horoskop ada Capricorn, Aries, Taurus, dll, maka di ramalan kuno Mesir ada Sphink, Isis, Shu, Orisis, dll.

Merdeka.com hari ini memilih tematik ramalan untuk menerawang masa depan. Tak cuma ramalan bintang, tapi ramalan berbagai suku, bahkan bangsa lain di dunia. Selamat membaca. [war]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ramalan
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini