Menengok Tradisi Bakar Batu di Pedalaman Papua, Pererat Silaturahmi Warga

Jumat, 19 Agustus 2022 04:01 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Menengok Tradisi Bakar Batu di Pedalaman Papua, Pererat Silaturahmi Warga Tradisi Bakar Batu di Pedalaman Papua. Istimewa

Merdeka.com - Seluruh lapisan masyarakat menyambut meriah perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang jatuh pada Rabu (17/8) kemarin. Pelbagai kegiatan digelar masyarakat di seluruh pelosok merayakan kemerdekaan.

Perayaan HUT RI itu salah satunya diperingati Satgas Yonif Mekanis 203/AK dengan menjalin kebersamaan bersama masyarakat di daerah Penugasan Distrik Tiom, Lanny Jaya, Papua, dengan melaksanakan acara tradisi Bakar Batu, Kamis (18/8).

Kegiatan itu dihadiri beberapa Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda Desa Umbana, aparat kewilayahan dan Kapolres Kabupaten Lanny Jaya AKBP Umar Nasatekay. Potret toleransi begitu kental terasa.

tradisi bakar batu di pedalaman papua
Istimewa

Satgas Yonif Mekanis 203/AK menyiapkan 250 ekor ayam dan 1 ekor wam (babi) untuk dimasak bersama dengan masyarakat Desa Umbana. "Kegiatan bakar batu ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan kami di daerah penugasan pegunungan tengah papua serta dalam rangka menyambut HUT RI ke-77," kata Dansatgas Yonif Mekanis 203/AK Mayor Achmad Zaki dalam keterangan tertulisnya.

Zaki mengatakan bahwa tradisi bakar btu ini merupakan kegiatan yang positif untuk mempererat tali persaudaraan antara anggota satgas dengan masyarakat binaannya. Hal tersebut merupakan bukti nyata bahwa anggota Satgas Yonif Mekanis 203/AK diterima baik oleh masyarakat Kabupaten Lanny Jaya dan sekitarnya.

tradisi bakar batu di pedalaman papua
Istimewa

2 dari 2 halaman

Selain bertujuan menjalin kebersamaan dan silaturahmi, kegiatan bakar batu ini bertujuan juga untuk memohon doa kepada masyarakat Lanny Jaya Papua supaya kami (Personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK) selalu diberikan kesehatan, keselamatan serta keamanan dalam pelaksanaan satgas selama kurang lebih 1 tahun kedepan.

Sementara itu, Kepala Suku Bapak Jacob mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK. Kegiatan acara bakar batu ini berjalan dengan hikmat dan lancar serta tak lupa acara ini juga bekerja sama dengan aparat kewilayahan setempat.

"Saya selaku kepala suku mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih akan selalu mendoakan untuk Bapak-Bapak TNI semuanya selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa," kata Jacob.

Baca juga:
Kursi Kosong Menteri dan Petinggi Polri saat Upacara HUT ke-77 RI di Istana
Tuai Banyak Pujian, Aksi Kuli Bangunan Ikut Upacara Bendera Ini Viral
Potret Kehidupan Istri Pejuang Kemerdekaan di Kediri, Beternak hingga Bercocok Tanam
Uniknya Petugas SPBU di Serang, Pakai Baju Adat dan Kostum Pejuang saat Bertugas

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. HUT RI
  3. TNI
  4. Toleransi
  5. KILAS
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini