Menengok Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Salat Idulfitri di Berbagai Daerah

Minggu, 24 Mei 2020 09:14 Reporter : Merdeka
Menengok Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Salat Idulfitri di Berbagai Daerah Warga salat Idulfitri di masjid Bekasi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Sejumlah masjid di berbagai daerah di Indonesia tetap menggelar salat Idulfitri berjemaah. Meskipun pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengimbau agar pelaksanaan salat Idulfitri dilakukan di rumah.

Merdeka.com merangkum pelaksanaan Salat Idulfitri 1441 Hijriah di sejumlah daerah. Pelaksanaan Salat di tengah Pandemi Corona, harus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan, hingga pengaturan jarak saat salat dilaksanakan.

Seperti di Kota Medan, Sumatera Utara. Dilansir Antara, salat Idulfitri tetap digelar di beberapa masjid, Minggu (24/5). Pelaksanaan salat Id dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan bagi jemaah yang datang.

Salah satunya yakni Masjid Raya Al Mashun Medan, yang berada di Jalan Sisingamangaraja. Pantauan Antara di lokasi, para jemaah yang hendak memasuki area masjid harus melalui proses pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

Adapun proses pemeriksaan yang dilakukan mulai dari mencuci tangan hingga pemeriksaan suhu tubuh. Para jemaah juga diwajibkan untuk menggunakan masker.

salat idulfitri 1441 h di medan

1 dari 13 halaman

Gorontalo

Di Gorontalo, sejumlah warga tetap memilih melaksanakan salat Idulfitri berjemaah di masjid. Seperti di Masjid Al Hikmah di Kelurahan Bulotadaa Barat Kota Gorontalo yang menggelar salat Idulfitri mulai pukul 06.30 hingga 07.30 Wita.

Warga yang salat menggunakan masker. Namun tidak menjaga jarak antara satu dan lainnya. Ada lebih dari 50 warga yang salat di masjid tersebut.

Sementara itu, sejumlah warga mematuhi pemerintah daerah yang meminta warga untuk tidak salat di masjid dan lapangan untuk menghindari kerumunan.

salat idulfitri 1441 h di gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meniadakan Salat Idulfitri di masjid dan lapangan karena mewabahnya Covid-19. Ini sekaligus mengikuti anjuran Presiden Joko Widodo, surat edaran Menteri Agama dan Fatwa MUI.

"Khusus untuk pelaksanaan Idul Fitri ini saya putuskan untuk lima kabupaten dan satu kota serta Provinsi untuk tidak melaksanakan salat di lapangan maupun di masjid. Shalat di rumah masing-masing saja," ujarnya.

2 dari 13 halaman

Bekasi

Ratusan warga melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 Hijriyah di Masjid Jami Al Hidayah, Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur, Jawa Barat, Minggu (24/5) pagi. Warga memadati ruang dalam dan halaman masjid yang beralaskan terpal, kemudian dilapisi sajadah.

Dilansir Antara, salat Id dilaksanakan pukul 07.00 WIB. Warga telah berdatangan ke masjid ini sejak pukul 06.00 WIB.

Meskipun salat dilakukan di dalam dan halaman masjid, namun warga tetap mematuhi protokol kesehatan mulai dari mandi, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan saat hendak memasuki area masjid.

Pengurus masjid memberi tanda jarak di lantai dengan lakban hitam agar warga tak berdekatan dan tetap menjaga jarak saat beribadah. Tak hanya itu, tempat cuci tangan dengan sabun juga ada di beberapa titik di halaman masjid.

Pengurus Masjid Jami Al Hidayah di Bekasi Timur, Jawa Barat, menyediakan fasilitas cuci tangan bagi jamaah yang hendak melaksanakan Salat Idulfitri. Tempat cuci tangan pakai sabun ini diletakkan di halaman masjid untuk menekan penularan pandemi virus corona ( COVID-19).

Tak hanya sabun cuci tangan, pengurus masjid juga menyediakan masker kain bagi warga yang hendak beribadah. Mereka juga mengatur jarak 1-2 meter di lantai dengan lakban hitam agar warga tak berdekatan saat beribadah.

warga salat idulfitri di masjid bekasi

Meskipun shalat dilakukan di dalam dan halaman masjid, namun warga tetap mematuhi protokol kesehatan mulai dari mandi, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan saat hendak memasuki masjid.

Usai pelaksanaan Shalat Id pukul 07.30 WIB, warga langsung pulang ke rumah masing-masing dan tidak bersalam-salaman. Dengan mematuhi protokol kesehatan, maka diharapkan tidak ada penambahan kasus positif Covid-19.

3 dari 13 halaman

Maluku

Salat Idulfitri dilaksanakan di masjid agung Al-Munawwar, Maluku Utara. Sejumlah Polisi tampak berjaga di masjid Al-Munawwar. Jemaah yang masuk ke masjid harus menggunakan masker.

"Seluruh jamaah saat masuk ke masjid wajib menggunakan masker, sebagai bentuk mendukung imbauan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 di daerah ini," kata Kasat Lantas Polres Ternate, Iptu Setiaji dilansir Antara.

salat idulfitri 1441 h di maluku utara

4 dari 13 halaman

Kendari

Umat Muslim di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara yang melaksanakan salat Idulfitri 1441 H baik di masjid-masjid maupun di halaman rumah tetap taat protokol kesehatan. Pantauan di Kendari, Minggu, umat menggelar salat berjamaah di masjid terdekat, di rumah masing-masing dan di halaman rumah yang disepakati.

"Kami beberapa rumah di sekitar sini sepakat menggelar salat menyambut hari kemenangan di halaman rumah," kata Afdal (52).

Umat Muslim dewasa, remaja maupun anak-anak yang menjalankan Salat Idul Fitri tetapkan mengenakan masker. Walaupun sebelum dilangsungkan salat diharapkan jemaah tetap menjaga jarak namun setelah salat dimulai soal jarak terabaikan.

salat idulfitri 1441 h di kendari

Pelaksanaan Idulfitri kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena wabah virus corona. Sebagian umat tetap menjaga jarak, mengenakan masker dan rangkaian pelaksanaan salat pun lebih sederhana. Umat satu dengan yang lain saling mengingatkan agar tidak saling berjabatan tangan usai shalat namun ada saja yang tetap bersalaman.

5 dari 13 halaman

Palembang

Masih banyak warga Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) yang mengikuti salat berjamaah Idulfitri 1441 H. Seperti yang dilakukan warga Kelurahan 2 Ilir Kecamatan Ilir Timur 2 Palembang, yang sejak pukul 06.30 WIB sudah berkumpul untuk melaksanakan Salat Idulfitri berjamaah, Minggu (24/5).

Ada yang melaksanakan Salat Idulfitri di musala kecil, ada juga di lorong jalan perkampungan. Terlihat di Musala An-Nur di Lorong Rukun Kelurahan 2 Ilir Palembang. Para warga sekitar sudah memadati bagian dalam dan teras musholla.

Di shaf depan, belasan pria dan anak-anak memadati empat shaf secara berjejer. Lalu di bagian belakang, ibu-ibu dan para remaja perempuan memadati tiga shaf berderetan. Sedangkan di teras luar musala, belasan anak perempuan turut serta mengikuti salat Idulfitri.

Warga juga berbondong-bondong memadati Musala Al-Hikmah Palembang. Bahkan karena tidak muat, para warga membentangkan alas di jalan lorong sempit di dekat musholla.

Masiana (72), warga Lorong Rukun Palembang menuturkan, alasannya tetap mengikuti salat berjemaah agar tidak ketinggalan momen setahun sekali ini.

"Saya juga ikut warga sekitar, mereka juga berangkat salat. Saya tidak terlalu mengerti dengan imbauan pemerintah, yang penting salat saja," ucapnya.

salat idulfitri di palembang

Ketika ditanya perihal potensi penularan Covid-19 di tempat keramaian, warga Palembang ini hanya berpasrah saja kepada Allah SWT. Apalagi sejauh ini, belum ada warga di tempat tinggalnya yang terpapar Covid-19.

Sama halnya diungkapkan Suryana (66), warga Lorong Satria Kelurahan 2 Ilir Palembang, yang tetap mengikuti salat Idulfitri berjamaah.

Menurutnya, salat Idulfitri tidak boleh ditinggalkan. Sehingga dia bersama anaknya masih melangkah ke musala untuk mengikuti salat berjamaah tersebut.

"Kita berpasrah diri saja, semoga tidak terjangkit Covid-19 dari yang lain," katanya.

Salah satu antisipasi yang dilakukan ketika akan mengikuti salat berjamaah, yaitu menggunakan masker dan membawa hand sanitizer.

Ketika diajak bersalaman dengan jemaah lain, dia pun menggunakan kain sebagai alas agar tidak bersentuhan langsung.

6 dari 13 halaman

Garut

Umat Muslim di Kabupaten Garut, Jawa Barat, melaksanakan Salat Idulfitri berjamaah di dalam masjid maupun di lapangan dengan menerapkan aturan kesehatan di tengah darurat wabah Covid-19.

Warga di beberapa tempat berdatangan ke masjid dan lapangan yang telah disediakan oleh panitia untuk dijadikan tempat Salat Id. Mereka yang datang dari kalangan anak-anak maupun dewasa menggunakan masker dan membawa sajadah masing-masing sesuai instruksi panitia penyelenggara Salat Id.

"Kalau di daerah kami sebelumnya diberitahu untuk yang mau Salat Id wajib pakai masker dan bawa sajadah," kata Ningrum warga Perumahan Malayu Selaras, Desa Sirnajaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut.

Selain di perumahan itu, sejumlah tempat yang menyelenggarakan Salat Id juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan wabah Covid-19 bahkan ada yang mengatur jarak antarjamaah.

Salah satunya di Perumahan Garut City, Kecamatan Garut Kota yang melaksanakan Salat Id secara terbatas di lingkungan perumahan dengan mengatur jarak antara jamaah lainnya.

"Di sini melaksanakan Salat Id di masjid dengan menerapkan aturan sesuai protokoler kesehatan," kata Wildan salah seorang jamaah Salat Id di Perumahan Garut City, Kecamatan Garut Kota.

warga garur salat idulfitri 1441 h

Sementara itu, di Perumahan Grand View Kecamatan Karangpawitan, warga melaksanakan salat berjamaah di lapangan yang dibagi dua tempat untuk mengurangi banyaknya kerumunan orang.

Seorang jamaah di Perumahan Grand View, Ridwan Mustofa mengatakan, warga antusias melaksanakan Salat Id berjamaah dengan mengikuti aturan kesehatan yang sudah ditetapkan, yakni wajib pakai masker dan bawa sajadah sendiri.

Selain itu, lanjut dia, warga juga diberitahukan oleh panitia sebelumnya untuk tidak bersalaman atau kontak fisik setelah menunaikan Shalat Id.

"Warga di sini Salat Id sama-sama dengan menerapkan aturan yang dianjurkan seperti pakai masker," katanya.

7 dari 13 halaman

Cirebon dan Indramayu

Sebagian warga Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Minggu pagi menunaikan Salat Idulfitri 1441 H secara berjamaah di masjid. Salat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19.

Di Masjid Perumahan Puri Banjarwangunan, Kabupaten Cirebon, setiap warga yang hendak ke masjid harus masuk ke bilik disinfeksi yang disediakan pengurus masjid.

"Barisan salat juga diberi jarak," kata Erpan Septian, warga setempat yang menunaikan Shalat Id di masjid tersebut.

salat idulfitri 1441 h di cirebon

Sementara di Desa Dermayu, Kabupaten Indramayu, warga melaksanakan Salat Id berjamaah sebagaimana biasa meski Pemerintah Indramayu sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan meminta warga shalat di rumah saja bersama keluarga.

"Saat ini Indramayu masih menjalankan PSBB, untuk itu kami meminta masyarakat Salat Id berjamaah dengan keluarga di rumah," kata Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat pada Jumat (22/5).

"Indramayu masuk zona merah dari penyebaran COVID-19, untuk itu masyarakat harus sadar," katanya.

Namun, dia mengatakan, pemerintah memberikan kelonggaran kepada kecamatan yang tidak masuk zona merah menggelar Salat Id berjamaah di masjid.

8 dari 13 halaman

Bengkulu

Sebagian masjid di Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, melaksanakan salat Idulfitri 1441 H berjamaah. Namun panitia mewajibkan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Berdasarkan pantauan di sejumlah masjid di Kota Curup, Ibu Kota Kabupaten Rejang Lebong, ANTARA melaporkan yang melaksanakan salat Id ini umumnya masjid yang berada di perkampungan.

Sedangkan untuk masjid milik pemerintah seperti Masjid Agung Baitul Makmur Curup, kemudian Masjid Muhammadiyah, dan Masjid Al Jihad tidak melaksanakannya.

Salah satu masjid yang melaksanakan salat Id berjamaah adalah Masjid Darul Hikmah, Kelurahan Talang Rimbo Baru. Menurut keterangan pengurus masjid Ustadz Endang, pelaksanaan shalat di tempat itu menerapkan protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh, jemaah harus mencuci tangan dengan sabun, dan penggunaan masker.

"Setelah pelaksanaan salat Id langsung pulang ke rumah dan tidak diperkenankan bersalaman-salaman," kata.

salat idulfitri 1441 h di bengkulu

Salat Id berjamaah ini juga dilaksanakan pengurus Masjid Darussalam, Kelurahan Air Rambai, Kecamatan Curup. Di tempat ini para jemaah yang akan mengikutinya wajib menjalani pemeriksaan di gerbang masjid oleh tiga orang petugas medis.

"Bagus juga diperiksa dengan protokol kesehatan seperti ini, jadi kalau ada jamaah shalat id yang terindikasi terpapar Covid-19 bisa dikarantina dan kita yang mengikuti shalat tidak was-was," kata Makruf Amin, salah satu jamaah Masjid Darusallam Air Rambai.

Sementara itu, Ketua MUI Rejang Lebong Mabrursyah menyebutkan jika pihaknya tidak melarang pelaksanaan salat Id di masjid, musala maupun tanah lapang yang akan dilaksanakan di wilayah itu mengingat Rejang Lebong masih zona hijau penyebaran Covid-19.

"MUI itu pada dasarnya tidak melarang dan juga membolehkan pelaksanaannya, apalagi di zona hijau. Kalau mau dilaksanakan harus memenuhi protokol pencegahan Covid-19 seperti harus menyiapkan tempat cuci tangan, kemudian pemeriksaan suhu tubuh dan lainnya," ucap Mabrursyah.

9 dari 13 halaman

Bandung

Warga yang hendak menunaikan Salat Idulfitri di area dekat Stasiun Cimekar, Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, harus dicek suhu tubuhnya.

Petugas Palang Merah Indonesia yang berdomisili di kawasan tersebut, Usep Diman, mengatakan pengecekan suhu tubuh merupakan bagian dari upaya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 dalam pelaksanaan Salat Idulfitri.

salat idulfitri 1441 h di bandung

"Jadi imbauan pemerintah juga, meskipun tidak diwajibkan juga, tapi kita di sini melakukan protokol yang dianjurkan pemerintah," kata Usep.

Ada setidaknya 75 orang yang ikut Salat Idulfitri berjamaah di kawasan jalan di area dekat Stasiun Cimekar dan tidak ada di antara mereka yang suhunya melebihi normal.

Warga yang menunaikan Salat Idulfitri di lokasi tersebut juga diminta mengenakan masker dan menjaga jarak dengan warga yang lain.

salat idulfitri 1441 h di bandung

"Kita juga sudah menyemprotkan disinfektan. Kita semprot pada malam tadi, sebelum salat, terus sesudah shalat, jadi tiga kali kita melakukan penyemprotan," kata Usep.

Selain itu ada petugas yang menyemprotkan cairan pembersih tangan kepada setiap orang sebelum dan sesudah shalat.

"Kalau engak salah di sini,zona kuning, tapi saya belum tahu perkembangannya, mudah-mudahan sehat semuanya," kata Usep.

10 dari 13 halaman

Padang

Sejumlah masjid di Kota Padang tetap melaksanakan Salat Idulfitri 1440 Hijriah dengan menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mencegah Corona Virus Disease (Covid-19).

"Kami tetap melaksanakan shalat Idul Fitri, tapi setiap jamaah harus masuk bilik sterilisasi dan wajib mencuci tangan sebelum masuk masjid," kata Pengurus Masjid Aljihad Indarung Padang Irsal di Padang, Ahad.

Setiap jemaah yang akan masuk harus melewati bilik sterilisasi dan wajib mencuci tangan sebelum masuk masjid serta harus memakai masker dan membawa sajadah sendiri dari rumah.

salat idulfitri 1441 h di padang

Selain itu pengaturan shaf juga tidak terlalu rapat dan khatib Idul Fitri tidak terlalu panjang.

Setelah 2,5 bulan melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan tetap berada di rumah, kali ini pengurus masjid itu memutuskan melaksanakan salat Idulfitri.

Sementara berdasarkan pantauan di sepanjang Jalan Raya Padang-Indarung sejumlah masjid yang berada di pinggir jalan tetap melaksanakan salat Idulfitri. Salah satunya di Masjid Ihsan Muhammadiyah dan Masjid Alkautsar yang berada di Bandar Buat.

Namun sejumlah keluarga ada yang memilih melaksanakan salat Idulfitri di rumah bersama keluarga.

11 dari 13 halaman

Aceh

Salat Idulfitri diikuti ribuan warga Banda Aceh dan sekitarnya di Masjid Raya Baiturrahman. Salat berlangsung khidmat. Adapun Imam shalat sunah tersebut adalah Tgk H Munawir Darwis.

Dalam salat tersebut, terlihat sebagian kecil jemaah tidak mengenakan masker. Padahal, sebelumnya setiap jemaah yang ingin salat Id di masjid tersebut diharuskan memakai masker guna mencegah penyebaran Covid-19. Namun tidak semua mematuhi.

Salat Id di masjid raya tersebut juga tidak menerapkan physical distancing atau jaga jarak seperti yang dianjurkan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

salat idulfitri 1441 h di banda aceh

Khatib salat Idulfitri 1441 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman, Prof Dr Al Yasa' Abubakar mengajak masyarakat meningkatkan empati terhadap sesama di tengah pandemi Covod-19 yang sedang terjadi sekarang ini.

"Pandemi Covid-19 ini merupakan cobaan. Kita sedang diuji untuk menuju golongan yang dipuji, apakah kita mampu meningkatkan kepedulian dan empati terhadap mereka yang terdampak Covid-19," katanya di Banda Aceh.

12 dari 13 halaman

Ambon

Sebagian masjid di Kota Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku, melaksanakan salat Idulfitri 1441 H dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona jenis baru penyebab Covid-19.

ANTARA melaporkan, di Masjid Raya Alfatah yang merupakan masjid terbesar di Kota Ambon, panitia dan pengelola masjid terus mengimbau umat melalui pengeras suara untuk menjaga jarak dan tetap menggunakan masker selama shalat berlangsung.

Umat juga diwajibkan membawa perlengkapan shalat sendiri, termasuk melewati proses pemeriksaan kesehatan, terutama suhu tubuh, yang dilakukan oleh pihak kepolisian saat memasuki halaman masjid.

Umat yang datang pun tidak terlalu banyak seperti Idulfitri tahun-tahun sebelumnya. Selain karena imbauan pemerintah untuk menjaga jarak fisik berkaitan dengan pandemi Covid-19, juga dikarenakan hujan mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya sejak dinihari.

salat idulfitri 1441 h di ambon

Selain itu, kebanyakan umat Muslim lebih memilih mengikuti salat Id di masjid dan musala yang ada di kompleks pemukiman maupun di rumah masing-masing.

Usai salat Id, panitia dan pengelola masjid kembali mengingatkan warga untuk tidak bersalaman atau bersentuhan, tidak berkerumun atau bergerombol dan tetap menjaga jarak fisik saat berbincang. Bahkan, umat juga disarankan untuk langsung pulang ke rumah masing-masing.

13 dari 13 halaman

Jember

Masjid Jami’ al-Baitul Amien yang berada di pusat kota Jember dan bersebelahan dengan kantor dan rumah dinas bupati, tetap melaksanakan salat Idulfitri.

Salat Idulfitri di salah satu masjid terbesar di Jember dilaksanakan dengan mengikuti protokol pencegahan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah.

Pantauan Merdeka.com, pelaksanaan salat Idulfitri di Masjid Jami’ al-Baitul Amien berlangsung relatif lebih singkat dari tahun-tahun sebelumnya. Sekitar pukul 06.40 WIB, salat dan khotbah Idulfitri telah selesai dan jemaah langsung bubar.

Jumlah jemaah juga jauh lebih sedikit. Jika biasanya jemaah bisa meluber hingga beberapa ratus meter di luar masjid, kali ini hanya sampai di halaman masjid.

salat idulfitri 1441 h di jember

Berdasarkan keterangan dari takmir masjid, Physical Distancing dan Protokol Kesehatan telah diterapkan sejak jemaah masuk halaman masjid. Selain pemeriksaan suhu dengan menggunakan alat Thermo Gun, jemaah juga diharuskan melewati pintu disinfektan.

Selain disemprot disinfektan, jemaah diwajibkan untuk mencuci tangan. Sebagian besar jemaah juga mematuhi protokol untuk mengenakan masker serta menjaga jarak di dalam masjid dan halaman.

[noe]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini