KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Menengok gedung tua pertunjukan wayang orang Bharata Purwa

Minggu, 21 September 2014 16:08 Reporter : Abd. Wahid Hasyim
Gedung Kesenian Mis Tjitjih. ©blogspot.com

Merdeka.com - Salah satu gedung pertunjukan seni wayang yang cukup tua di Jakarta adalah Gedung Wayang Orang Bharata Purwa. Meski sudah berusia tua, gedung yang terletak di Jalan Kalilio No 15, Senen, Jakarta Pusat itu, terlihat masih bagus dan terawat.

Kondisi gedung yang terawat itu seakan mematahkan segenap pandangan yang menilai bahwa gedung-gedung tua untuk pertunjukan kesenian identik dengan hal-hal mistik dan gaib.

Adalah Darman, seorang yang cukup lama jadi juru parkir di depan gedung itu mengatakan bahwa nuansa mistik dan hal-hal gaib jarang terlihat di gedung wayang orang Bharata Purwa.

"Gak ada yang mistik-mistik mas di situ, itu kan kata orang saja," katanya saat diwawancarai di depan gedung Bharata Purwa, Sabtu, (20/9).

Selain itu, acara pertunjukan wayang orang yang dihelat di gedung itu masih terbilang ramai. Hal itu diungkapkan salah seorang sesepuh komunitas wayang orang Bharata Purwa, Marsam. Lebih Jauh menurut Marsam, selain masih eksis dan ramai pengunjung, gedung Bharata Purwa merupakan yang paling bagus dibanding gedung-gedung pertunjukan lainnya.

"Kalau penontonnya masih ramai, dan gedung ini bisa dibilang paling bagus dibanding gedung lainnya seperti gedung Miss Tjitjih," katanya saat latihan sebelum pementasan.

Marsam juga menceritakan bahwa komunitas wayang orang Bharata berdiri pada tahun 1960-an. Ia menambahkan bahwa di zaman Gubernur Ali Sadikin, dirinya dan kawan-kawannya di komunitas wayang orang itu mendapatkan perhatian soal kesejahteraan.

"Sejak tahun 60-an sudah berdiri. Dan Pak Sadikin itu dulu berjasa besar karena beliau lah yang memperhatikan kesejahteraan para pemain wayang," tuturnya. [war]

Topik berita Terkait:
  1. Mistis
  2. Pertunjukan Teater

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.