Menengok Cara Mendagri Tito Tetap Bekerja di Tengah Pandemi Corona

Selasa, 24 Maret 2020 00:29 Reporter : Merdeka
Menengok Cara Mendagri Tito Tetap Bekerja di Tengah Pandemi Corona Mendagri Tito Pimpin Rapat di Tengah Corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kemendagri yang dipimpin oleh Tito Karnavian mulai menerapkan protokol kesehatan terkait penanganan virus corona di kantornya sejak hari ini, Senin (23/3). Sesuai aturan internal, tidak semua pegawai di Kemendagri menjalani kebijakan Work from Home.

Dua eselon tertinggi di Kementerian Yang membina seluruh Pemerintah Daerah tersebut tetap masuk kantor seperti biasa. Ini untuk menjamin kelangsungan roda organisasi dan menjaga agar pelayanan publik tetap berlangsung.

Para pejabat dan pegawai Kemendagri mulai mengikuti protokol pencegahan corona. Seperti sterilisasi pejabat di pintu masuk ruang rapat dengan semprotan disinfektan. Disamping itu masker, sarung tangan plastik juga diwajibkan dikenakan sebelum memasuki ruang rapat.

Protokol ini dilakukan secara ketat tanpa terkecuali. Di samping itu medium penular seperti gelas, kertas dan sebagainya dikurangi dari ruang rapat.

Jarak perimeter kursi antara peserta rapat juga ditata hingga masing-masing berjarak minimal 1,5 meter. Untuk mengurangi kemungkinan droplet mikrofon dan meja rapat untuk peserta ditiadakan.

"Gerakan disiplin dan contoh pencegahan harus dimulai dari kantor ini," kata Tito dalam keterangannya.

Tito mengatakan selalu mengingatkan pejabat di daerah agar memperhatikan aspek pencegahan agar penyebaran virus corona dapat diatasi.

"Saya sudah berkeliling ke empat provinsi, melakukan video conference dengan para pejabat daerah dan selalu menganjurkan aspek pencegahan guna memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan cara-cara sederhana, namun penuh tanggung jawab dan disiplin seperti suasana rapat kita hari ini," ungkap Tito.

Mantan Kapolri itu juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa virus corona dapat dicegah dari diri sendiri dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Contoh perilaku pencegahan Covid-19 seperti ini harus kita mulai dan lakukan dari diri kita sendiri," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini