Mendikbud harap orang tua antarkan anak dan berdialog dengan guru

Minggu, 17 Juli 2016 09:59 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Mendikbud harap orang tua antarkan anak dan berdialog dengan guru Mendikbud Anies Baswedan kampanye orang tua antar anak sekolah di CFD. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, menganjurkan orang tua jangan hanya mengantarkan anaknya ke sekolah sampai pintu gerbang saja. Orang tua, menurut Anies, harus mengantarkan anak mereka sampai bertemu wali kelas dan guru-guru.

Sebabnya, menurut Anies, hal itu dapat membangun komunikasi yang baik antara orang tua, anak, dan guru.

"Itu kolaborasi antara pendidik di rumah dan pendidik di sekolah. Kolaborasi hanya bisa terjadi jika ada komunikasi," kata Anies saat mengkampanyekan orang tua mengantar anak sekolah, di kawasan Bundaran Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (17/7).

Anies mengatakan, mengantar anak ke sekolah adalah saat bagi orang tua dan sekolah berkomunikasi. "Mereka akan berinteraksi. Kalau itu bisa dilakukan maka banyak hal positif dari interaksi tersebut," papar Anies.

Kemudian, menurut Anies, itu adalah cara menghapus perpeloncoan di sekolah. "Dengan cara anak Anda dititipkan ke sekolah dan diingatkan bahwa anak Anda bukan untuk ditindas, bukan ada perpeloncoan," ucap Anies.

Tidak hanya itu, Anies juga mengingatkan kepada orang tua jika di hari pertama masuk sekolah ada pungutan liar. Dia meminta jika terjadi supaya segera dilaporkan.

"Kadang pungutan liar dianggap biasa. Contoh ada yang meminta uang untuk dapatkan NISN (nomor induk siswa nasional) harus bayar Rp 10 ribu, banyak dianggap biasa, tapi itu kita harus lapor. Kesannya Rp 10 ribu, tapi kalau satu sekolah ada 600 siswa ya jadi besar," lanjut Anies.

Anies menyarankan jika terjadi pungutan liar atau kekerasan di sekolah supaya segera melapor melalui pesan pendek ke nomor 0811976929, atau bisa melalui laporpungli.kemdikbud.go.id.

"Kita akan verifikasi dan bisa diusut hal tersebut," tutup Anies.

[ary]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini