Mendikbud buka acara O2SN di DIY dengan melepaskan anak panah Jemparingan

Senin, 17 September 2018 17:01 Reporter : Purnomo Edi
Mendikbud buka acara O2SN di DIY dengan melepaskan anak panah Jemparingan Mendikbud Buka Acara O2SN. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy membuka acara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018 dengan melepaskan anak panah menggunakan jemparingan (olahraga memanah asal DIY), Senin (17/9). Anak panah jemparingan yang dilepaskan Muhadjir ini lalu mengarah ke layar yang berada di atas panggung. Bersama dengan dilepaskan anak panah, target yang berada di layar monitor kemudian diberi efek pecah.

Dalam sambutannya dalam acara pembukaan O2SN di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Muhadjir mengatakan jika atlet alumni O2SN banyak memiliki prestasi hingga taraf internasional. Bahkan ada beberapa atlet jebolan O2SN yant berhasil menyumbangkan medali dihajatan Asian Games 2018 lalu yang digelar di Jakarta dan Palembang.

"Saya berpesan kepada para atlet berikanlah prestasi yang terbaik dalam OS2N ini. Karena bukan tidak mungkin apa yang anda capai akan tercatat dan diinventarisir oleh pemandu bakat untuk nanti disiapkan mengikuti olimpiade, event olahraga bukan hanya nasional bahkan internasional di masa yang akan datang," ujar Muhadjir.

Muhadjir juga berpesan kepada para atlet yang berlaga di 02SN agar menjunjung tinggi sportivitas. Selain itu para atlet juga diminta agar memegang pula nilai kejujuran dalam berkompetisi.

"Untuk menjadi yang nomor satu dalam O2SN memang penting tapi dicapai dengan jujur, sportif, dan kerja keras itu lebih penting," ungkap Muhadjir.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad mengatakan O2SN telah dihelat sejak 2008 dengan peserta dari berbagai sekolah di Indonesia. Mulai dari SD, SMP, SMA, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, hingga Madrasah Aliyah. Tahun ini, O2SN diikuti 1998 siswa peserta.

"Jika ditambah dengan penuh, wasit, dan panitia, jumlah partisipan ada sebanyak 4423 orang. 1998 peserta itu akan memperebutkan 438 medali, yang terdiri dari 128 medali emas, 138 medali perak, dan 172 medali perunggu," urai Hamid.

Sejumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di O2SN antara lain atletik, renang, pencak silat, karate, senam, catur, hingga balap kursi roda. Cabang-cabang olahraga tersebut dipertandingkan di GOR Pangukan Sleman, GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), GOR Klebengan, GOR Amongrogo, Stadion UNY, dan Stadion Sultan Agung Bantul. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini