Mendagri Tito Optimis Indonesia Bisa Buat Vaksin Covid-19 Secara Mandiri

Jumat, 19 Juni 2020 07:56 Reporter : Merdeka
Mendagri Tito Optimis Indonesia Bisa Buat Vaksin Covid-19 Secara Mandiri Ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19. Tak hanya Indonesia, banyak negara kini sedang berjuang menemukan vaksin virus yang bermula dari Kota Wuhan, China ini.

Meski vaksin masih dalam pencarian, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, optimis Indonesia memiliki kemampuan untuk membuat vaksin Covid-19 secara mandiri. Menurut Tito, para ahli menyatakan vaksin dapat ditemukan pada pertengahan tahun 2021.

"Ahli-ahli menyatakan vaksin (Covid-19) baru ditemukan paling cepat pertengahan tahun 2021," kata Mendagri di saat kunjungan kerja ke Atambua, NTT, lewat siaran pers diterima, Jumat (19/6).

Mendagri Tito menambahkan, Covid-19 adalah virus yang dapat menyerang siapa saja. Beda dengan polio yang hanya menyerang anak-anak.

"Maka otomatis vaksinasi harus dilakukan terhadap semua umat manusia," lanjut Tito.

Herd Immunity atau teori kekebalan kelompok, lanjut Mendagri Tito, harus mencakup 2/3 umat manusia. Artinya, kalau umat manusia ini jumlahnya 7 miliar, 2/3 dari 7 miliar diperlukan untuk produksi vaksin. Namun hal itu juga sulit karena terbelah geografis yang berbeda.

"Belum lagi Covid yang ada di Amerika, China, Indonesia itu agak berbeda. Ada sequences yang agak berbeda," beber Tito.

Karenanya, Mendagri Tito berkeyakinan, mau tidak mau Indonesia harus menemukan vaksinnya sendiri.

"Pak Airlangga Hartarto (Menko Perekonomian) menyampaikan paling tidak 170 juta penduduk Indonesia harus divaksin. Ini kira- kira hampir 2/3 penduduk untuk divaksin. Dan kalau satu orang perlu dua ampul vaksin berarti 340 juta vaksin yang diperlukan," ujarnya menandasi.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini