Mendagri sebut Pemerintah Tunggu Undang-undang Pemindahan Ibu Kota Versi DPR

Rabu, 28 Agustus 2019 14:52 Reporter : Nur Habibie
Mendagri sebut Pemerintah Tunggu Undang-undang Pemindahan Ibu Kota Versi DPR Tjahjo Kumolo. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo sudah mengumumkan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Nantinya, pemindahan ibu kota tersebut akan dipindah ke Penajam Paser Utara dan Kukar.

Dengan adanya pemindahan ibu kota tersebut, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku, pemerintah sedang menunggu Undang-Undang seperti apa yang diinginkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Nanti, Ibu kota kan baru diumumkan. Nanti kita lihat apa yang versi DPR mau minta revisi, pemerintah memfollow up gitu aja," kata Tjahjo usai di Hotel Grand Paragon, Jakarta Barat, Rabu (28/8).

Meski begitu, ia mengaku pemerintah masih membuat Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur.

"Ya nanti (diajukan ke DPR) baru aja diumumkan, masih panjang," ujarnya.

Sebelumnya, Senin 26 Agustus 2019, teka-teki di mana lokasi Ibu Kota baru Republik Indonesia akhirnya terjawab. Presiden Jokowi mengumumkan, Kalimantan Timur sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut.

"Pemerintah telah melakukan kajian-kajian negara lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi di Istana, Senin (26/8). [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini