Mendagri: Rekan-Rekan Gubernur, Bupati, Wali Kota Tolong Insentif Nakes Dicairkan

Selasa, 27 Juli 2021 18:57 Reporter : Kirom
Mendagri: Rekan-Rekan Gubernur, Bupati, Wali Kota Tolong Insentif Nakes Dicairkan Mendagri Muhammad Tito Karnavian. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri, M Tito Karnavian meminta kepala daerah untuk segera mempercepat pencairan insentif bagi tenaga kesehatan (nakes). Hal tersebut diungkapkan Tito di kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (27/7).

"Tolonglah beberapa wilayah lain baik rekan-rekan gubernur, bupati, wali kota tolonglah insentif nakes yang dianggaran sudah ada, dicairkan. Tinggal dipanggil saja kepala Bappeda, BPKAD, Sekda kepala Dinkes, laporkan sebentar perintahkan untuk cair. Saya kira itu," kata Tito.

Dalam kesempatan itu, Tito juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemkot Tangsel, yang segera mencairkan insentif bagi nakes.

"Tapi saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kota Tangsel, yaitu pencairan dana untuk insentif tenaga kesehatan yang menjadi atensi Pak Presiden berulang-ulang menyampaikan kepada saya dan saya diperintahkan untuk meyakinkan pencairan insentif tenaga kesehatan yang menjadi tanggung jawab daerah," terang Tito.

Tito menjabarkan, tanggung jawab nakes di tingkat provinsi adalah gubernur, anggarannya dari Pemprov. Sedangkan nakes yang merupakan bagian dari aparatur di tingkat II kabupaten/kota merupakan tanggung jawab Pemda kabupaten kota.

"Nah untuk nakes yang ada di Tangsel, sudah terealisasi lebih kurang 98 persen. Itu saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi," terang Tito.

Dengan begitu, artinya tidak ada permasalahan untuk pemberian pencairan insentif tenaga kesehatan.

"Dan saya minta semua daerah lain juga meniru seperti ini. Depok kemarin 100 persen saya datang ke sana minggu lalu kali ini saya mendapat angka yang tinggi juga di Tangsel hampir 99 persen," ucap dia. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini