Mendagri minta Rustam Effendi ungkap alasan mundur ke publik

Kamis, 28 April 2016 15:29 Reporter : Supriatin
Mendagri minta Rustam Effendi ungkap alasan mundur ke publik Tjahjo Kumolo. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Wali Kota Jakarta Utara, Rustam Effendi mengundurkan diri dari jabatannya. Surat pengunduran diri Rustam telah diteken Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Kisruh antara Rustam dengan Ahok berawal dari bencana banjir yang melanda Jakarta pada pekan lalu. Ahok menuding, bencana banjir terjadi akibat Wali Kota Jakarta Utara yang tidak becus menyelesaikan proyek penanggulangan banjir. Kegeraman Ahok langsung disampaikan dalam rapat penanggulangan banjir bersama jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKDP). Selain persoalan banjir, Ahok juga menuding Rustam bersekutu dengan salah satu calon Gubernur DKI Yusril Ihza Mahendra. Sontak membuat Rustam naik pitam dan memutuskan untuk berhenti menjadi Wali Kota Jakarta Utara.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan diterima atau tidaknya pengunduran diri Rustam sepenuhnya adalah hak Ahok. Namun demikian, mantan Sekjen PDIP ini meminta Rustam menyampaikan alasan pengunduran dirinya kepada publik.

"Dia mundur sebagai pejabat publik, apalagi kepala daerah ya harus menyampaikan secara terbuka. Saya mundur alasannya apa. Sehingga tidak menimbulkan berbagai spekulasi-spekulasi ada apa, ada apa," kata Tjahjo saat hendak mengikuti rapat terbatas dengan topik Peningkatan Pelayanan Publik di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (28/4).

Pada dasarnya, kata Tjahjo, pengunduran diri Wali Kota dikarenakan dua hal yaitu atas permintaan Gubernur dan atas pertimbangan lain. Dengan demikian, nasib Wali Kota tentu berada di tangan Gubernur.

"Gubernur punya hak memberhentikan kapan, mau 1 hari kek, 2 hari kek, (dengan alasan) kan supaya jelas. Apapun namanya aparatur pemerintah harus solid, ya kompak, kalau ada masalah sesuai aturannya," ungkap dia. [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini