Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Cuti Sebelum Kampanye

Senin, 11 Februari 2019 12:35 Reporter : Nur Habibie
Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Cuti Sebelum Kampanye Mendagri Tjahjo Kumolo. ©Liputan6.com/Ady Anugrahadi

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta setiap kepala daerah untuk mengikuti aturan yang ada terkait kampanye Pemilu maupun Pilpres 2019. Dia tidak memungkiri jika seorang kepala daerah, selain merupakan pemimpin tetapi juga kader atau anggota partai politik.

Pernyataan ini menanggapi adanya sejumlah kepala daerah yang diduga melakukan pelanggaran kampanye karena mendukung salah satu capres-cawapres.

"Jadi kalau dia (kepala daerah) mau kampanye ada aturannya. Sesuai aturan KPU, Bawaslu," kata Tjahjo di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (11/2).

Politisi PDIP ini mengimbau, kepala daerah tetap harus mengajukan cuti saat akan melakukan kegiatan kampanye maupun partai. Selain itu, dia menambahkan, mereka juga diminta untuk tidak menggunakan fasilitas milik pemerintah daerah.

"Yang penting izin. Kalau Sabtu-Minggu enggak, dan tidak menggunakan fasilitas yang dimiliki oleh daerah seperti mobil, gedung dan lainya enggak boleh. Yang penting ikuti semua aturan," tutup Tjahjo.

Sebelumnya, Bupati Bandung Barat Aa Umbara melakukan deklarasi dukungan kepada capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo- Ma'ruf Amin pada Minggu (3/2). Video deklarasi dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf oleh Aa Umbara itu beredar di media sosial, satu di antaranya diunggah oleh warganet dengan akun Twitter @Reiza_Patters, Senin (4/2).

Dalam video itu, tampak adanya baliho bergambar Jokowi-Ma'ruf dan Aa Umbara di pasang di atas panggung. Dalam video tersebut, terlihat dengan lantang, Aa Umbara menyampaikan desa-desa dapat maju karena anggaran dana desa dari Jokowi.

Lalu, ia pun menyebut, jika Jokowi kepada terpilih lagi pada Pilpres 2019 nanti. Maka dana desa nanti akan semakin besar dari dana desa sebelumnya.

"Mesti diingat, bahwa desa-desa bisa maju karena Jokowi, ada anggaran dana desa yang begitu besar dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bandung Barat," ujar Aa Umbara.

"Dan tentunya kalau dimenangkan kembali Joko Widodo, anggaran dana desa akan lebih besar dan akan bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Bandung Barat," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Aa Umbara juga terdengar telah memberikan pertanyaan kepada massa yang hadir di dalam ruangan tersebut.

"Siapa yang satu? Siapa yang satu?," teriak Aa Umbara.

Aa Umbara pun kembali menyerukan kepada massa yang hadir untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf.

"Sekali lagi ayo masyarakat Kabupaten Bandung Barat yang satu juta lebih, mari kita sukseskan Jokowi dan Kiai Haji Ma'ruf Amin, nomor satu," katanya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini