Menag: Terima Kasih Petugas atas Dedikasi dan Keikhlasan Melayani Jemaah Haji

Minggu, 7 Agustus 2022 21:00 Reporter : Lia Harahap
Menag: Terima Kasih Petugas atas Dedikasi dan Keikhlasan Melayani Jemaah Haji Menag Yaqut Cholil Qoumas menyambut petugas haji di Bandara Soekarno-Hatta. ©2022 Merdeka.com/Lia Harahap

Merdeka.com - Sebanyak 508 petugas daerah kerja Makkah sudah tiba di Tanah Air. Mereka kembali setelah operasional di Makkah berakhir setelah diberangkatkannya seluruh jemaah ke Madinah.

Pemulangan petugas daerah kerja Makkah dilakukan dalam dua tahap. Pertama, sebanyak 237 petugas tiba pada 6 Agustus 2022 pukul 23.00 WIB. Gelombang kedua, sebanyak 271 petugas tiba siang hari ini.

Kedatangan dua gelombang petugas haji ini disambut langsung Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

"Alhamdulillah, semalam saya menyambut kedatangan para petugas haji. Siang ini saya juga kembali ke Cengkareng untuk menyambut para petugas. Saya memberikan apresiasi tinggi kepada mereka yang telah dengan ikhlas dan tanpa kenal lelah melayani para jemaah," ujar Menag di Cengkareng, Minggu (7/8).

2 dari 2 halaman

Beri Apresiasi

Menag mengatakan, petugas haji adalah garda terdepan dalam pelayanan kepada jemaah. Mereka berjibaku memberikan pelayanan terbaik pada jemaah selama bertugas di Tanah Suci. Agar jemaah tetap nyaman dan aman.

"Sejak awal saya memang berpesan, layanilah para jemaah seolah mereka adalah orang tua kita, saudara kita, kakak adik kita. Dan ternyata para petugas haji benar-benar melayani dengan total dan profesional," puji pria disapa Gus Men ini.

Menag senang petugas haji kembali dalam keadaan sehat dan ikut berbahagia bisa kembali berkumpul dengan keluarga tercinta.

"Semoga para petugas haji yang juga ikut beribadah haji di sela-sela bertugas mendapat haji mabrur. Sekali lagi, saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi tinggi kepada para petugas haji," pesan Menag.

"Terima kasih kepada semua petugas atas dedikasi dan keikhlasan dalam melayani haji. Semoga mabrur dalam bertugas dan ibadah. Aamiin," tutup Menag.

Hadir mendampingi Menag dalam menyambut kehadiran dua gelombang petugas haji Daker Makkah, Sekjen Kemenag Nizar, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief bersama jajarannya, serta para staf khusus, dan tenaga ahli Menteri Agama. Direksi Garuda Indonesia juga ikut mendampingi saat menyambut petugas haji pada Minggu hari ini.

Operasional haji kini terfokus di Madinah. Para jemaah yang diberangkatkan pada gelombang kedua tengah menyelesaikan ibadah Arbain (salat wajib berjamaah selama 40 waktu di Masjid Nabawi). Mereka kemudian dipulangkan secara bertahap dari dari Madinah sejak 30 Juli 2022. Proses pemulangan jemaah dari Madinah akan berlangsung hingga 13 Agustus 2022. [yan]

Baca juga:
Napak Tilas Perjuangan Rasulullah Lawan Kaum Kafir di Perang Badar
Ajini, Banyak Keberkahan Dalam Keterbatasan Hingga Tuntas Meraih Haji
Pemerintah Arab Saudi Buka Seluas-luasnya Kuota Jemaah Umrah
Semua Kloter Gelombang 2 Sudah di Madinah, Kemenag Puji Petugas Makkah Layani Jemaah
Tampil Cetar ala Jemaah Bugis, Wujud Syukur Selesai Berhaji
Momen Haru Jemaah Haji kala Bisa Kembali Sentuh Ka'bah & Mencium Hajar Aswad

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini